Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggunakan Google Form Untuk Menyimpan Data Pelanggan

Sahabatinet.com - Cara input data atau membuat survei data menggunakan google formulir online, Bagi sobat yang berjualan online atau yang membutuhkan penyimpanan data pelanggan secara online bisa memanfaatkan Google Form. 

Dengan memanfaatkan google form sobat bisa mengumpulkan data pelanggan atau customer dengan mudah tanpa sobat harus mengetik sendiri satu per satu, sobat hanya menyebarkan link yang sudah sobat buat di google form, gimana mudah kan?.

Tentunya google form bisa sobat gunakan dengan gratis dan tidak berbayar sobat hanya perlu memiliki akun email di Gmail maka sobat dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh raksasa teknologi dari Google ini.
cara membuat survei online menggunakan google form

Selain dibuat untuk mendata pelanggan atau customer google form juga dapat digunakan untuk membuat survei kepada pelanggan sobat. Contohnya sobat ingin mengetahui seberapa puaskah pelanggan sobat berbelanja atau berbisnis dengan sobat maka sobat bisa menyebarkan kuisioner kepada pelanggan sobat.

Jadi sobat akan tau seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan sobat terhadap pelayanan bisnis sobat dan sobat akan tau apa yang diinginkan oleh pelanggan sobat. Data yang sudah sobat buat akan otomatis tersimpan di Google Drive sobat dan pastinya aman. 

Pokoknya google form memberikan kemudahan dan manfaat banyak bagi sobat yang membutuhkan data dari pelanggan sobat. Dari data tersebut sobat bisa membuat analisa terhadap pelanggan sobat sehingga tujuan dan arah bisnis sobat akan tercapai sesuai dengan keinginan sobat.

Diera modern ini memang kita harus bisa memberikan pelayanan yang bagus, sekali pelanggan kecewa maka akan berdampak buruk bagi usaha online sobat, maka dari itu sobat harus tau apa yang diinginkan pelanggan.



Berikut tata cara mendaftar dan menggunakan fitur google form :

  • Apabila sobat belum memiliki akun email dari google silahkan mendaftar terlebih dahulu DISINI
  • Jika sobat sudah memiliki akun gmail sobat bisa langsung kunjungi Google Form DISINI
cara membuat survei online menggunakan google form

  • Setelah muncul seperti gambar diatas sobat bisa pilih formulir Kosong untuk membuat formulir yang baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan sobat.
cara membuat survei online menggunakan google form


  • Isilah judul formulir sesuai dengan kebutuhan dan isikan pertanyaan sesuai data yang akan sobat ambil
  • Tentukan pilihan atau jawaban pertanyaan yang sobat inginkan apakah teks pendek, panjang, pilihan ganda, kotak centang, tarik naik turun dst.
cara membuat survei online menggunakan google form


  • Untuk bagian pertanyaan yang wajib diisi silahkan pada tombol wajib diisi diatifkan.
  • Setelah pertanyaan pertama sudah dibuat silahkan buat pertanyaan yang kedua dengan menekan tombol (+) disisi kanan maka akan terbuka jendela pertanyaan baru dibawahnya.
  • Jika semua pertanyaan sudah dibuat maka sobat perlu menentukan lokasi atau membuatkan folder penyimpanan di google drive, beri nama folder baru yang diinginkan.
cara membuat survei online menggunakan google form

  • Sebelum dikirim silahkan sobat tentukan tema yang sobat sukai dan klik pratinjau terlebih dahulu untuk melihat apakah formulir sudah sesuai apa belum, jika sudah silahkan klik KIRIM.
cara membuat survei online menggunakan google form

  • Setelah klik Kirim  maka akan muncul jendela baru yang memberikan pilihan cara sobat menyebarkan formulir yang sobat buat tadi, entah itu lewat email atau lewat link dan media sosial lainnya, kalau saya lebih suka link karena bisa disebar langsung lewat media sosial kita.
cara membuat survei online menggunakan google form


  • Setelah mendapat respon dari pelanggan maka sobat tinggal melihat tanggapan dari pelanggan di menu Tanggapan , sobat juga bisa melihat tanggapan per individu dan juga bisa melihat dalam format excel.
cara membuat survei online menggunakan google form


Begitulah cara menggunakan fasilitas gratis Google formulir yang bisa sobat manfaatkan untuk keperluan sobat. Apabila tutorial ini bermanfaat silahkan sebarkan kepada temen-temen atau saudara sobat supaya dapat mengerti Cara Menggunakan Google Formulir. 

Post a Comment for "Menggunakan Google Form Untuk Menyimpan Data Pelanggan"