Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Mengenai Gadget atau Widget Pada Blog Beserta Fungsinya

Sahabatinet.com - Banyaknya widget/gadget yang disediakan oleh blogger kadang membuat kita malah bingung sehingga membuat kita bertanya-tanya gadget mana aja yang wajib dipasang disebuah blog.

Tidak semua gadget harus sobat pasang diblog sobat, hanya gadget yang memiliki fungsi utama aja yang harus sobat pasang, karena kebanyakan gadget akan membuat loading blog akan melambat.
pengertian widget

Akan tetapi sobat juga harus tau apa sih kegunaan dari semua gadget yang disediakan oleh blogger, supaya jika nanti membutuhkan sobat tinggal memasangnya.

Widget yang disediakan oleh blogger menurut saya sudah lengkap sesuai dengan fungsinya masing - masing dan kita tidak perlu lagi bingung jika sobat ingin custome widget.

Berikut saya jelaskan gadget yang ada di blogger beserta fungsinya :

  1. Adsense, adalah gadget khusus untuk menempelkan iklan yang sudah dirancang khusus oleh blogger, penempatannya terserah sobat sesuai selera aja. Jadi dengan menambahkan gadget tersebut maka sobat gak perlu susah susah memasang kode javscrip iklan adsen secara manual. Dengan adanya gadget tersebut sobat dimudahkan dalam meletakkan iklan.
  2. Entri Yang Diunggulkan, adalah gadget yang dirancang khusus untuk menampilkan postingan khusus yang menurut sobat perlu ditampilkan terus menerus di area sidebar, bisa jadi sebuah postingan yang unik atau postingan artikel yang menarik atau juga artikel yang berisi iklan dan sebagainya. Untuk menggunakannya sobat hanya perlu klik tambahkan dan taruh disidebar yang menurut sobat bagus.
  3. Penelusuran Blog, adalah gadget khusus yang disediakan oleh blogger sebagai alat untuk mencari sebuah artikel yang sesuai dengan keyword/ kata kunci yang sobat tentukan, dengan mengetikkan kata kunci disebuah blog maka artikel yang sobat cari akan ditampilkan.
  4. HTML/JavaScrip, adalah gadget yang disediakan ole blogger apabila sobat ingin memasangkan kode scrip atau HTML khusus yang sobat rancang sendiri atau bisa juga untuk memasang kode iklan adsense yang sudah sobat buat di menu unti iklan secara manual. Dan yang pastinya HTML/JavaScrip ini banyak fungsinya untuk mempercantik blog sobat, seperti sobat akan memasang kode media sosial atau formulir kontak dan lain lain.
  5. Profil, adalah Gadget yang dikhususkan untuk menampilkan profil atau data diri pemilik blog supaya pengunjung itu tau siapa pemilik blog tersebut. Blog yang bagus pasti akan menampilkan data diri yang lengkap supaya orang lain akan mengenal sobat dan secara tidak langsung dapat menjalin hubungan emosional yang membuat pengunjung betah dan suka mengunjungi blog sobat.
  6. Arsip Blog, Adalah sebuah gadget yang berisi tentang ringkasan dari postingan blog sobat dari awal sobat menulis sampai dengan sekarang. Didalam arsip ini akan ditampilkan berdasarkan Bulan, Tahun dan jumlah postingan sehingga mempermudah pengunjung untuk mencari apa aja yang isi artikel sobat.
  7. Header Halaman, Berisi tentang judul blog sobat dan deskripsi blog sobat. Untuk header halaman biasanya sudah tertanam di tema atau template blog sobat sehinggan jarang banget memakai gadget ini.
  8. Pengikut, Fungsinya untuk menampung siapa saja yang suka dengan blog sobat, jadi apabila blog sobat bagus maka apabila pengunjung suka mereka tinggal klik ikuti blog sobat. semakin banyak pengikut semakin bagus sebagai indikator kesuksesan blog sobat dalam memberikan informasi.
  9. Gambar, adalah gadget yang digunakan untuk menambahkan gambar di halaman sidebar. contohnya iklan banner dan lain lain.
  10. Label, adalah gadget penting yang harus terpasang diblog sobat karena label berfungsi untuk mengelompokkan setiap postingan sobat berdasarkan kategori yang sudah sobat tetapkan, contohnya : sobat beri nama label Berita, Internet, Android maka setiap postingan yang berhubungan dengan label tersebut akan terekap jadi satu.
  11. Halaman, Berfungsi untuk menampilkan sebuah halaman yang sudah sobat buat secara mandiri, gadget ini juga bisa dipakai untuk membuat menu navigasi blog sobat.
  12. Daftar Link, Gadget yang berfungsi untuk menampilkan situs, blog atau halaman web favorit sobat yang dapat dilihat oleh pengunjung, bisa jadi dipakai untuk menampilkan blog atau website sobat yang lainnya.
  13. Postingan Populer, adalah Gadget yang banyak digunakan oleh semua blogger untuk menampilkan postingan sobat yang banyak dikunjungi, sehingga sobat atau pengunjung akan tau artikel mana yang memiliki pengunjung paling banyak.
  14. Ikuti Lewat Email, yang berfungsi untuk mempermudah pengunjung untuk berlangganan artikel sobat, jadi kalau ada pengunjung ingin menerima informasi terbaru hanya perlu memasukkan emailnya dan nantinya akan terkirim artikel terbaru kepada pengunjung.
  15. Formulir kontak, adalah tambahan gadget yang berfungsi untuk menerima keluhan atau saran dari pengunjung, jadi jika ada pengujung yang ingin bertanya khusus maka bisa menghubungi sobat lewat Formulir kontak tersebut.

Dan masih ada beberapa gadget yang tidak saya sebutkan semuanya karena gadget tersebut kebanyakan tidak dipakai oleh blogger.

Dari beberapa gadget diatas biasanya yang dipasang di blog hanya beberapa saja sesuai dengan kebutuhan. 

Berikut rekomendasi gadget yang harus dipasang di blog sobat :

  1. Postingan Populer.
  2. Adsense
  3. Penelusuran Blog
  4. HTML/JavaScrip
  5. Profil
  6. Label
  7. Ikuti Lewat Email
  8. Formulir kontak

Post a Comment for "Penjelasan Mengenai Gadget atau Widget Pada Blog Beserta Fungsinya"