Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendaftarkan Blog atau Website ke Google Webmaster Tools

Sahabatinet.com - Cara Mendaftarkan Blog atau Website ke Google Webmaster Tools, Salah satu cara supaya Blog sobat bisa terindex sama google dengan cepat adalah memanfaatkan Tools dari google ini yaitu Google Webmaster Tools. 

Saya jelaskan sedikit apa itu google Webmaster Tools yaitu seperangkat alat digital yang disediakan gratis oleh Google untuk membantu Sobat memahami apa sebenarnya yang terjadi pada website atau blog sobat.

Google Webmaster Tools kini juga dikenal sebagai Google Search Console. Dengan adanya tool tersebut sobat bisa menganalisa website atau blog sobat berdasarkan data yang dikumpulkan oleh tool tersebut.

Bayangkan jika sobat hanya menebak - nebak perkembangan website sobat tanpa adanya data yang valid pasti akan lebih sulit untuk mencari kekurangan website sobat dan yang pastinya keputusan yang sobat ambil tidak akurat.

Manfaat Google Webmaster Tools


Banyak banget manfaat dari Google Webmaster Tools antara lain sebagai berikut :

  • Dapat Meningkatkan Page Rank 

Googel Webmaster Tools dapat menolong sobat untuk meningkatkan page rank website sobat di mesin pencari google. yaitu dengan melakukan upaya-upaya penyempurnaan HTML.

Penyempurnaan HTML yang dimaksud adalah menghapus link-link yang mati atau broken link, karena link yang mati dapat berakibat buruk terhadap page rank dan visitor website sobat. Selain itu Google webmaster Tools juga dapat menghapus konten yang ganda atau duplikat meta deskripsi dan juga dapat memperbaiki bila judul atau tag heading yang belum ada.

  • Dapat Memberikan Data Yang Akurat Terhadap Aktivitas Website atau Blog Kita.

Google Webmaster Tools menyajikan grafik tentang kesalahan-kesalahan Crawl, server dan URL. Dan sobat juga bisa mengetahui url mana saja yang dicekal karena kesalahan pengaturan di website sobat.

Disamping itu sobat juga dapat mengetahui berapa banyak jumlah url yang sudah diindex oleh google. Selain itu sobat juga dapat mengetahui keyword-keyword apa yang dipakai untuk mengetahui website sobat.

  • Dapat Mengevaluasi Website Sobat.

Ada salah satu fitur didalam Webmaster Tools yang dapat memperlihatkan pada sobat seberapa cepat website atau blog sobat jika dibuka oleh visitor. Dan sobat juga bisa membandingkan dengan website lain, data tersebut ditunjukkan dari history sebuah grafik, jadi kecepatan loading page website sobat bisa diketahui dengan pasti setelah membaca dari grafik yang ditampilkan oleh Google Webmaster Tools. Hal tersebut bermanfaat banget bagi website sobat untuk menempati page one di google search engine karena google juga menilai kecepatan loading page sebagai penentu page one.

  • Dapat Mendeteksi Malware Berbahaya

Google webmaster tools ternyata juga memberitahu sobat apabila didalam website sobat ternyata ada malware jahat yang bisa membahayakan website. Tool ini akan memeberikan aktivitas website sobat secara real time yang dianggap mencurigakan dan membahayakan semacam malware jahat. Dan tools

  • Tools Yang Memungkinkan Melakukan Konfigurasi
Dengan adanya Google Webmaster tools sobat bisa melakukan settingan berdasarkan target wilayah yang sobat tentukan. Selain itu sobat bisa mengatur parameter dari URL, Site Link dan beberapa settingan lain yang dapat dijadikan sebagai bahan analisis untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Jadi sobat jangan asal memasukkan informasi ke settingan google webmaster tools, supaya data yang sobat dapatkan dari tools tersebut tidak bias.

Cara Mendaftar Google Webmaster Tools

Beikut langkah-langkah untuk mendaftar Google Webmaster Tools :
  • Bagi sobat yang belum memiliki akun gmail silahkan mendaftar dulu dan apabila sobat sudah memilikinya silahkan langsung log in dengan akun sobat DISINI
Cara Mendaftarkan Blog atau Website ke Google Webmaster Tools
  • Kemudian sobat dapat menambahkan situs web sobat ke webmaster tools dengan klik Tambahkan Property .
Cara Mendaftarkan Blog atau Website ke Google Webmaster Tools
  • Setelah sobat menambahkan website sobat maka sobat akan diarahkan ke halaman verifikasi kepemilikan website sobat. Ada dua pilihan yang harus sobat pilih untuk verifikasi webmaster Tools yaitu Recommended Method dan Alternate Method
  • Jika sobat memilh Recommended Method sobat harus mengunduh file HTML yang disediakan dan silahkan uploud ke website sobat di folder root, bisa menggunakan FTP atau bisa langsung uploud menggunakan file manager lewat cpanel sobat. Setelah sobat selesai mengunggahnya silahkan kembali lagi ke Google Webmaster Tools dan klik verifikasi.



  • Jika sobat memilih Metode Alternatif maka sobat tentukan dari beberapa pilihan dibawah ini :
Yang sering saya pakai biasanya saya pilih Tag HTML, jika memilih tag HTML maka sobat harus menempelkan kode meta tag " <meta name="google-site-verification" content="wGQRebfUxQUkK0r2D-n2ba5c9g74fLeYmEA1mDI3JNU" />" dibawah kode <head> sebelum <body> dan klik simpan,kembali ke google webmaster tools dan klik verifikasi, maka website sobat akan tersambung dengan google webmaster tools.

Sekian cara Mendaftarkan Blog atau Website ke Google Webmaster Tools, jika artikel ini bermanfaat untuk sobat silahkan bagikan ke temen-temen yang lain supaya lebih bermanfaat untuk orang banyak.

Post a Comment for "Cara Mendaftarkan Blog atau Website ke Google Webmaster Tools"