Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Menu Navigasi di Blog

Sahabatinet.com - Cara membuat menu navigasi blog, Bagi blogger pemula pasti mengalami kesulitan mengenai setting blognya, kadang sudah mempunyai blog refrensi yang akan dijadikan pandual akan tetapi belum mengenal istilah-istilah didalam bagian blog maka dari itu malah jadi bingung mencari kata kunci yang mengatur bagian-bagian dari desain blog.
membuat menu navigasi blog

Dalam mempercantik blog sobat perlu melakukan settingan dari bagian-bagian yang ada di blog. Struktur blog memiliki bagian antara lain :

  1. Header, halaman bagian atas sendiri yang biasanya berisi judul dan deskripsi blog sobat
  2. Menu navigasi atau tombol menu, bagian yang berfungsi untuk mempermudah pengunjung untuk mencari bagian atau kelompok artikel sesuai dengan label atau kategori.
  3. Halaman konten, halaman yang menampilkan kumpulan dari artikel-artikel yang sudah kita buat
  4. Sidebar, bagian yang menampilkan beberapa ringkasan seperti artikel terbaru, artikel terpopuler, iklan dan lain sebagainya. Sidebar bisa diletakkan disisi kanan maupun kiri sesuai selera.
  5. Footer, halaman bawah yang biasanya menampilkan copy right dan tahun blog, pembuat blog dan sebagainya

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah Menu navigasi, apa itu menu navigasi atau tombol menu? bagi blogger pemula pasti bingung termasuk saya dulu juga bingung dan gak paham apa itu menu, setau saya menu masakan, eh ternyata blog juga pakai menu juga. Akan tetapi menu di blog beda dengan menu masakan.

Apa itu menu navigasi? yah seperti penjelasan diatas yaitu tombol atau bagian yang disusun berdasarkan pengelompokan topik pembahasan dalam blog sehingga mempermudah pengunjung untuk menemukan kelompok atau kategori artikel yang dikehendaki jadi tidak perlu membuka artikelnya satu-satu untuk menemukan artikel yang dicarinya.

Disamping mempermudah pengunjung untuk menemukan kategori yang diinginkan, menu navigasi juga memperindah blog sobat, blog terkesan tidak kosong, dengan adanya menu navigasi dapat mendorong blog menjadi SEO FRIENDLY.

Coba sobat kalau berkunjung ke sebuah blog dan ternyata blog itu tidak ada menu navigasinya tentunya sobat pasti kurang nyaman dan serasa blog itu gak asik, sehingga menu navigasi dalam blog menurut saya pribadi sangat penting dan harus ada dalam blog kita. 

Salah satu syarat untuk dapat menjadi publiser adsense adalah blog sobat memiliki struktur menu navigasi yang jelas, kalau tidak ada menu navigasi google akan menolaknya. Maka dari itu jika sobat ingin serius membangun blog maka lengkapilah menu navigasinya supaya blognya tidak hampa dan mudah dikenali oleh google index.

Bagaimana sih cara membuat menu navigasi di blog yang baik dan benar?sebelum membuat menu navigasi sobat terlebih dahulu tentukan topik atau kategori-kategori yang akan menjadi rujukan dalam setiap membuat artikel.

Apabila kategori sudah ditentukan maka sobat bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Silahkan log in terlebih dahulu ke dasboard blog sobat, saya sarankan sobat menggunakan template-template responsive karena template responsive sudah mendukung menu navigasi dan kita tinggal mengisi dan edit saja tanpa menambah coding atau scrip lagi.
  • Setelah log in silahkan pilih tema dan lakukan edit HTML dan kemudian cari kode-kode scrip biasanya terletak setelah kode </head> yang mirip-mirip kode dibawah ini.

  • Jika sudah ketemu tinggal edit dan tambah i menu menu sesuai keinginan sobat. Silahkan sobat contoh menu tersebut.
  • Jika sobat menggunakan template karya Arlina Desain maka scrip diatas akan mudah ditemukan.


1 comment for "Cara Membuat Menu Navigasi di Blog"