Monday, September 17, 2018

Cara Mengganti Domain Blogspot Dengan Domain Sendiri

Advertise 1

Advertise 2

Baca Juga

Kali ini saya akan membagikan bagaimana caranya mengganti domain blogspot ke domain sendiri. Bagi blogger pemula yang baru terjun ke dunia blogger pasti akan merasa bingung akan mulai darimana untuk mengisi blognya. Apalagi kalau masuk ke settingan lain maka harus banyak cari informasinya di blog-blog yang memberikan tutorial tentang blogger pemula.

Kadang saya ditanya sama temen yang baru terjun ke dunia blogger mengenai apa itu domaian TLD ? dan bagaimana cara mendapatkan domain TLD?. TLD adalah Top Level Domain yang bisa kita dapatkan secara gratis atau dengan membelinya ke penyedia layanan jual domain dan hosting.

Bagi blogger yang sudah srius membangun blognya dan memiliki dana mungkin bisa langsung mengganti domain sub blogspot ke domain TLD, akan tetapi bagi yang tidak memiliki dana bisa memanfaatkan secara defauld blogspot secara gratis. Banyak blogger yang sampai saat ini masih memanfaatkan sub domain blogspot bisa sukses karena yang dicari orang itu bukan nama domainnya tapi yang meraka cari adalah isi dari blog tersebut.

Apabila sobat ada keinginan menggunakan domain TLD alangkah lebih baik dilakukan diawal sebelum sobat mengisi banyak artikel karena penggantian domain dari blogspot ke domain TLD akan mempengaruhi traffic pengunjung. Tidak hanya itu penggantian domain akan menyebabkan blog sobat harus diindex ulang oleh google jadi jangan sampai blog yang sudah besar dan memiliki traffic bagus diganti domainnya ditengah jalan.

Untuk mendapatkan domain TLD sobat bisa membelinya di penyedia hosting dan domain. Untuk melakukan penggantian domain masing-masing penyedia layanan hampir sama cara settingnya.

Berikut langkah-langkah mengganti domain blogspot menjadi domain TLD :


  • Log in terlebih dahulu ke dasboard blogger sobat
  • Masuk ke pangaturan Dasar dan kemudian pilih bagian Publikasi, pada bagian Alamat blog silahkan sobat pilih Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda.
  • Pada setelan domain pihak ketiga silahkan diisi dengan domain yang sudah sobat dapatkan, untuk mengisinya tetap gunakan WWW ya sobat soalnya kalau sobat isikan langsung domainnya maka akan gagal dan harus ada www didepan domain.
  • Simpan maka akan muncul pemberitahuan untuk setting DNS di penyedia layanan domain sobat.


apakah sudah selesai sampai tahap ini?tentunya belum masih ada lagi yang harus disetting supaya domain yang sobat beli bisa tersambung dengan blog sobat.

Dan untuk setting dibagian pihak penyedia layanan domain sobat bisa mengikuti cara dibawah ini yang hampir semua layanan memiliki cara yang sama untuk settingnya.

  1. Log in terlebih dahulu ditempat sobat membeli domain.
  2. Setelah terbuka dasboard dari penyedia domaian silahkan sobat cari Layanan Domain maka akan ditampilkan semua domain yang sudah sobat beli.
  3. Cari Setting pada domain sobat dan biasanya sudah tersedia settingan untuk penggabungan dengan blogspot maka sobat perlu mencarinya langsung tentang Setting Blogspot.
  4. Setelah terbuka settingan Blogspot silahkan sobat copy kode host dari blogspot dan pastekan ke host domain, selanjutnya Copas lagi kode destination dari blog sobat dan taruh dikolom yang sudah disediakan
  5. Simpan dan tunggu proses pointing blog sobat yang biasanya tidak lebih dari 30 menit sudah konek.


Mungkin di penyedia domain cara menambahkan DNS ada yang harus klik new record untuk menambahkan settingan DNS blogspot dan caranya juga sama dengan diatas setelah new record terbuka isikan kode host dari blogspot ke kolom domain dan bagian Type isikan CNAME sedangkan kolom destination isikan kode destination yang sudah sobat dapat dari blogspotnya, setelah diisikan silahkan sobat klik simpan. Tunggu beberapa menit untuk proses pointing servernya.

Jika proses pointingnya selesai maka sobat perlu melakukan settingan lagi di blogspotnya dengan klik edit didomain sobat yaitu untuk mensetting pengalihan url blog sobat, silahkan sobat centang pada kotak kecil yang berfungsi untuk pengalihan url domain sobat dan simpan.

Karena untuk website terbaru yang menjamin keamanan dari gangguan virus atau malware maka sobat diharuskan untuk melakukan setting pada bagian ketersediaan HTTPS dengan memilih YA supaya blog sobat memiliki keamanan yang lebih karena dilindungi oleh sertifikat SSL.

Begitulah Cara Mengganti Domain Blogspot menjadi Domain TLD atau Domain Sendiri apabila sobatinet masih bingung cara mengganti domain TLD silahkan bisa ditanyakan di kolom komentar.




EmoticonEmoticon