Saturday, October 13, 2018

Cara Melaporkan Website Penipuan Berhadiah

Advertise 1

Advertise 2

Baca Juga


Sahabatinet.com - Akhir - akhir ini saya sering mendapatkan SMS yang isinya bahwa saya memenangkan sebuah undian berhadiah dari PT ABC atau dari M-KIOS dll, pokoknya saya menang hadiah dan dicantumkan pula nomer PIN undian. Dan SMS tersebut sangat sering banget sehingga membuat saya jengkel, coba bayangkan kalau yang mendapat sms seperti itu orang awam yang gak ngerti modus - modus penipuan pasti percaya aja.

Dan bisa sobat bayangkan sudah berapa banyak orang yang tertipu masalah SMS berhadiah tersebut, mungkin pemerintah sudah berusaha keras untuk menghalau sms penipuan tersebut, tetapi yang namanya kejahatan dan selama masih ada kesempatan mereka selalu menggunakan celah - celah untuk mengelabuhi polisi cycber.

Dalam hal ini peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menanggulangi masalah kejahatan cycber yang sudah marak dan sudah banyak memakan korban yang kerugian materi yang sudah tidak sedikit lagi akibat kejahatan tersebut. Masyarakat harus ikut berperan aktif untuk membantu polisi memberantas kejahatan penipuan berkedok hadiah dengan cara setiap ada sms penipuan dengan ciri - ciri bahwa sobat menang undian apapun dan biasanya dilampirkan pula situs atau blog yang berisi ulasan hadiah.

Apabila ada yang mendapat sms seperti itu masyarakat harus segera melaporkan ke polisi cycber atau ke kominfo supaya segera di tindak lanjut untuk menghindari jatuhnya korban lebih banyak lagi. Dengan adanya peran aktif masyarakat insallah kejahatan cycber bisa ditekan dan bisa berkurang walaupun mereka selalu mencari celah paling gak kita semua bisa mempersempit ruang gerak mereka.

Berikut cara mengadukan situs atau website penipuan :


1. Melaporkan blog penipuan ke google.

Kebanyakan situs penipuan memanfaatkan platform gratisan yaitu blogspot untuk membuat situs pinupuan supaya calon korban bisa percaya karena didalam blog tersebut sudah disediakan pernyataan - pernyataan yang membuat calon korban yakin. Jadi untuk mengatasi hal ini maka sobat bisa melaporkan ke pihak google mengenai situs atau blog yang terindikasi penipuan supaya pihak google menutup akses akun tersebut.

Berikut Cara Melaporkan Blog Penipuan Ke Google

  • Setelah terbuka seperti gambar diatas langkah selanjutnya sobat isikan alamat blog yang sobat curigai sebagai blog penipuan kemudian centang saya bukan robot dan untuk lebih meyakinkan sobat bisa isikan komentar mengenai penjelasan mengapa sobat melaporkan situs tersebut, soabat bisa gunakan bahasa inggris maupun bahasa indonesia.

2. Cara Melaporkan Situs Penipuan Ke Kominfo

Cara yang kedua ini merupakan cara yang ampuh juga untuk memblokir situs - situs yang terbukti melakukan penipuan. Dengan sobat membuat pengaduan kepada kominfo maka situs yang sobat adukan akan ditinjau dan akan dilakukan pemblokiran di wilayah indonesia supaya tidak bisa lagi diakses oleh masyarakat indonesia.

Berikut Cara Melaporkan ke Kominfo :

  • Supaya bisa melakukan laporan ke Kominfo sobat dianjurkan terlebih dahulu untuk mendaftar, setelah terdaftar sobat baru bisa membuat laporan pengaduan mengenai blog atau situs penipuan.
  • Jika pendaftaran berhasil maka akan tampak dasboard seperti gambar dibawah.
  • Langkah selanjutnya barulah Klik Tombol Buat Aduan Konten warna ungu, 
  • Isikan pada kategori aduan sesuai yang ingin sobat laporkan, Isikan tautan atau alamat website penipunya, berikan alasan kenapa sobat melaporkan situs tersebut dan sertakan bukti gambar megenai situs tersebut sebagai lampiran, centang pada cek box saya bukan robot.
  • Jika sudah diisi semua sekarang klik KIRIM.
  • Setelah terkkirim maka status aduan sobat masuk daftar antrian Aduan Aktif di kominfo untuk proses pemblokiran. Jika situs sudah diblokir maka statusnya akan berubah menjadi Aduan Selesai. Sampai disini status aduan selesai.
Semoga dengan kita ikut berpartisipasi aktif dalam melaporkan setiap adanya penipuan - penipuan yang mengatasnamakan undian hadiah atau sejenisnya kejahatan cyber dapat ditekan. 



EmoticonEmoticon