Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Presentasi Secara Online Dengan Google Docs


sahabatinet.com Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat presentasi secara online dengan google docs dengan mudah. Sobat pasti sudah tau kan siapa google itu dan sudah tidak asing lagi ditelenga sobat.

Semakin hari semakin bermunculan produk - produk baru dari google yang memenuhi kebutuhan setiap sendi - sendi kehidupan manusia. Google menjadi raksasa teknologi yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan dunia informasi dan komunikasi. Dengan dibuktikannya mengakuisisi divisi android yang sekarang menguasai pasar OS smartphone diseluruh dunia.

Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa setiap aktivitas sehari hari kita bergantung pada smartphone dan dengan adanya smartphone canggih saat ini membantu mempermudah pekerjaan manusia. Karena smartphone pada umumnya dikuasi oleh teknologi OS android maka secara tidak langsung yang tertanam dalam os tersebut adalah seluruh produk buatan google.

Dengan adanya aplikasi - aplikasi yang disediakan oleh google membuat kegiatan kita sehari hari menjadi mudah. Salah satunya Google Docs, pasti sobat sudah paham kan apa itu google docs?. Goggle docs merupakan aplikasi office buatan google inc yang didalamnya memuat sperti Microsoft office buatan Microsoft.

Bedanya kalau produk dari microsoft berbasis dekstop sedangkan google docs berbasis online, software yang dibutuhkan untuk membuka file ke google docs adalah browser yang sobat gunakan sehari untuk menunjang bisnis sobat dan koneksi internet yang harus stabil.

Jika syarat diatas terpenehi maka sobat bisa membuka file presentasi secara online tanpa harus menyimpan di flashdish, gimana mudah bukan?. Maka dari itu sobat bisa presentasikan dimana aja seandainya tidak membawa komputer atau laptop dan tidak takut file akan hilang karena tersimpan di cloud yang aman.

Bagi sobat yang masih penasaran cara menggunakan google presentasi atau slide silahkan simak tutorial dibawah ini :

  • Saya pastikan sobat sudah memiliki akun google yaitu sebuah alamat email valid.
  • Setelah sobat memiliki akun email maka sobat bisa menggunakannya disemua produk google.

1. Membuat Presentasi


Google presentasi adalah fasilitas yang diberikan oleh google docs yang dapat sobat gunakan untuk membuat presentasi seperti Microsoft power point, untuk menggunakannya sangatlah mudah karena caranya sama dengan menggunakan power point, jika sobat sudah bisa menggunakan power point maka akan lancar menggunakan google presentasi ini.

Berikut langkah - langkah membuat presentasi menggunakan google Docs :
  • Sobat log in terlebih dahulu menggunakan akun gmail sobat.
  • Sedangkan untuk membuat presentasi secara online sobat bisa kunjungi https://docs.google.com/presentation/


  • Pilih memulai presentase baru dengan klik + untuk membuat halaman slide baru.

  • Untuk menggunakanya sama dengan microsoft office dan tool-toolnya juga sama, cuma yang google doc bisa langsung dibuka di browser tanpa harus instal software lagi.
  • Untuk menyimpan dokumen tersebut langsung terhubung dengan akun google drive sobat jadi sobat tidak usah pusing pusing menyiapkan flasdisk karena akan tersimpan secara online, yang kita harus ingat hanya akun email dan password sobat, gimana lebih praktis kan?Data aman.

2. Membuat Dokumen


Google dokumen adalah fasilitas yang disediakan oleh google untuk membuat sebuah dokumen selayaknya microsoft words, tata cara menggunakan google document sama persis dengan microsoft words hanya saja mungkin sebagian fitur tidak selengkap microsoft words, akan tetapi untuk penggunaan standart sudah sesuai yang kita harapkan. Dengan menggunakan google dokumen kita bisa bebas mengedit tugas - tugas sobat secara online yang sudah tersincronisasi dengan google drive.

Jika sobat menggunakan google drive di PC atau Laptop dan sobat menaruh file - file disitu maka sobat bisa mengeditnya dimana aja secara online. Seperti contoh sobat sedang mengerjakan skripsi tetapi sobat tidak bawa laptop maka sobat bisa membukanya dengan komputer lain hanya membuka lewat browser crome.

Gimana sobat enak kan?file bisa sincron secara online sehingga membuat kita merasa nyaman dan aman tidak takut file hilang kena virus atau hilang flasdisk. Kebanyakan kasus kadang orang menyimpan file skripsi didalam laptop dan laptopnya dicuri orang alhasil kita kehilangan file - file penting itu yang sudah susah payah kita kerjakan berbulan bulan lenyap seketika, gimana gak nyesek coba?karena harus memulai dari awal lagi.

Berikut cara menggunakan google document :
  • Sama seperti cara membuat presentasi diatas sobat kunjungi https://docs.google.com/document/u/0/




  • Untuk membuat dokumen baru klik + dan nanti akan membuka dokumen kosong, silahkan isi sesuai dengan tugas tugas sobat.

  • Dan dokumen tersebut juga akan tersimpan secara online jadi sobat bisa membuka dimana aja karena langsung tersimpan di google drive.
  • Jika sobat terbiasa dengan microsoft word silahkan ganti bahasa ke inggris supaya menunya menjadi inggris.

3. Membuat Spreadsheet


Mungkin sobat bingung apa itu spreadsheet karena sudah terbiasa dengan produknya microsoft yaitu excel, di produk google mereka memberi nama google spreadsheet yaitu sama dengan microsoft excel dan fungsinya juga sama untuk mengolah angka.

Semua file yang berextention .xls , xlsx dll yang berhubungan dengan microsoft excel bisa dibuka dengan googe spreadsheet ini. Jika sobat dikantor menyimpan file itu di google drive maka sobat bisa menggunakan file itu secara online juga.

Dengan adanya google spreadsheet ini kita dipermudah dalam aktivitas kerja kita, karena bisa mengedit dokumen secara online tanpa perlu harus memiliki aplikasi khusus yang kita butuhkan hanya koneksi internet dan browser aja. Gimana enak kan sobat? sewaktu waktu kita butuh data tinggal aja buka lewat ponsel cerdas android kita dan data dapat dibaca.

Dengan adanya perubahan teknologi ini membuat pekerjaan kita jadi semakin dipermudah karena apa- apa bisa dikerjakan secara online.

Untuk menggunakan google spreadsheet ini ikuti tutorial dibawah ini :
  • Pastikan sobat sudah log in di akun google sobat.
  • Silahkan kunjungi google spreadsheet di https://docs.google.com/spreadsheets/u/0/

  • Untuk membuat file baru klik + dikanan bawah maka akan dibukakan jendela baru yang sama persis dengan microsoft excel hanya saja ada perbedaan menu bar yang atas akan tetapi untuk penggunaan seandart sudah lengkap.

  • Setelah terbuka seperti gambar diatas sobat bisa memasukkan data yang sobat inginkan.
  • Setiap sobat memasukkan data secara otomatis akan tersimpan di google drive jadi sobat tidak usah takut kehilangan data karena google docs bekerja secara online, Gimana sobat menarik sekali kan menggunakan google docs?
Mungkin cukup sampai disini dulu topik mengenai cara menggunakan google docs atau cara edit dokumen secara online menggunakan fitur google docs. Semua fitur yang kita butuhkan sudah disediakan oleh google, kita tinggal pakai secara gratis.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan sobat bagikan ke temen temen dan jika ada yang perlu ditanyakan sobat bisa tinggalkan jejak dibawah dengan berkomentar yang sopan. Semoga bermanfaat dan dapat mempermudah aktivitas sehari hari sobat.






Post a Comment for "Membuat Presentasi Secara Online Dengan Google Docs"