Contoh Surat Pernyataan Hutang Yang Baik dan Benar
Contoh Surat Pernyataan Hutang Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pernyataan Hutang Yang Baik dan Benar

Sahabatinet.comContoh Surat Pernyataan Kesanggupan Bayar Hutang, Disaat anda lagi membutuhkan uang dalam waktu dekat dan tidak ada harta benda yang bisa dijual maka jalan satu - satunya adalah harus meminjam kepada teman, tetangga, dan saudara. Itupun kalau mereka mau meminjami jika yang anda butuhkan dalam jumlah yang banyak.

Jika hutangnya dalam jumlah kecil mungkin teman, atau sudara pasti akan meminjami tetapi kalau dalam jumlah besar biasanya enggan untuk meminjami hutang tersebut. Jadi anda mau tidak mau harus mencari pinjaman lain seperti ke bank atau ke Koperasi.
Contoh Surat Pernyataan Hutang Yang Baik dan Benar

Dengan meminjam ke bank atau koperasi biasanya anda akan dimintai jaminan entah itu berupa BPKB atau Sertifikat Tanah yang anda miliki. Setelah anda mengajukan ke bank atau koperasi maka anda akan disurvei terlebih dahulu dan baru bisa diterima dan dapat pinjaman.

Nah bagi anda yang akan meminjam kepada temen atau tetangga atau anda sebagai pihak yang meminjamkan uang tentunya harus ada perjanjian tertulis supaya anda merasa terlindungi oleh hukum jika dikemudian hari timbul masalah yang tidak terduga.


Anda sebagai pemberi hutang membuatkan surat pernyataan kesanggupan membayar hutang kepada anda yang ditanda tangani oleh yang berhutang.

Dalam surat pernjanjian hutang harus memuat antara lain :


  • Identitas penerima hutang yang lengkap.
  • Isi atau uraian kesanggupan membayar hutang.
  • Tanggal jatuh tempo
  • Syarat pembayaran.
  • Tanda tangan bermaterai.

Berikut contoh surat pernyataan Kesanggupan Bayar Hutang :


Contoh .


SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                Joko Susanto
No. KTP                            : 04836950473618859
Alamat                              : Jl. Krikilan no 24, Driyorejo - Gresik

Dengan ini menyatakan :

  1. Saya sudah melakukan peminjaman uang kepada Sdr. Wawan noto projo sebesar Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah) pada tanggal 7 Desember 2018.
  2. Saya berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut saat jatuh tempo pada tanggal 17 januari 2020.
  3. Jika saya belum bisa mengembalikan pinjaman pada saat tanggal jatuh tempo, saya mohon kesediaan sari Sdr. Wawan Noto Projo untuk memberikan tambahan waktu 1 (satu) bulan.
  4. Saya siap bertanggung jawab secara hukum jika dalam 30 hari masih juga belum mampu melunasi utang saya sampai batas waktu yang disepakati.

Demikianlah surat ini saya buat sebagaimana mestinya tanpa paksaan dari pihak mana pun.

Jakarta, 7 Desember 2018
Yang Membuat Pernyataaan


(materai)
Joko Susanto

Demikian contoh surat pernyataan hutang yang harus anda buat ketika berutang kepada orang lain untuk membuat kayakinan kepada pemberi hutang. Dengan surat pernyataan tersebut saya harap pemberi hutang akan lebih yakin meminjamkan uang kepada anda.

Jika anda membutuhkan file dalam bentuk ms. words silahkan donwload DISINI

Baca juga Artikel Lainnya :

Your Reactions:


Jika dirasa artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi terhadap kesulitan anda, silahkan dibagikan kepada temen - temen supaya dapat membantu orang lain juga. Jika anda ingin menjadikan refrensi di blog sobat jangan lupa sertakan link sumber www.sahabatinet.com untuk menghargai dari karya sahabat inet. Terima kasih

Buka Komentar
Tekan Enter Untuk Mencarinya