Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Mencegah Artikel Blog Tidak Bisa diCopas

Sebagai seorang blogger tentunya harus bisa menghasilkan karya tulis sendiri secara orisinil dengan bahasa dan karakter yang unik. Dengan begitu artikel anda akan mendapat penilaian tersendiri di mata google, sehingga memudahkan untuk menempati ranking pertama halaman google.

Dalam menghasilkan tulisan yang bagus tentunya anda harus melakukan survei dan banyak membaca refrensi entah itu dari media cetak seperti buku maupun dari media online seperti blog orang lain. Dari keseluruhan informasi yang didapatkan kemudian anda harus menyimpulkan dengan bahasa anda sendiri.

Tahap kesimpulan itulah yang tidak semua blogger bisa melakukannya, karena tahapan proses tersebut tentunya membutuhkan waktu dan menuras fikiran anda untuk menghasilkan informasi yang lengkap dan dapat diterima oleh pembaca.

cara mencegah copy paste artikel
Konten artikel yang bagus adalah konten yang bisa memberikan nilai positif atau dapat membantu si pembaca mendapatkan informasi yang dicarinya guna untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadainya.

Baca Juga : Ternyata Sangat Mudah Mengetahui Ranking Artikel Di Pencarian Google

Dalam penyajianpun anda dituntut untuk bisa menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan enak dibaca, jika anda mengunakan bahasa asal - asalan maka pengunjung tidak akan betah membaca artikel di blog anda.

Dan yang terakhir anda harus bisa menempatkan kata kunci yang sesuai dengan konten yang anda bidik. Percuma anda menulis bagus - bagus tetapi tidak membidik kata kunci yang banyak dicari, sehingga membuat blog anda sepi pengunjung.

Maka dari itu riset kata kunci sangat penting untuk mampu bersaing dengan konten yang membahas dengan tema yang sama. Darisinilah kelemahan bagi blogger pemula yang tidak paham bagaimana cara melakukan riset keyword yang benar.

Kelemahan lain dari blogger pemula yaitu tidak mampu membuat konten yang bagus dan original, karena mereka masih belajar dan akhirnya menggunakan jalan pintas untuk mengisi blognya dengan mengambil artikel milik orang lain secara mentah - mentah tanpa adanya perubahan sedikitpun.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Scripts Lazyload

Terus bagaimana untuk melindungi artikel kita agar tidak dicopas begitu saja? Berikut anda bisa ikuti langkah sederhana supaya artikel anda tidak bisa di copas :


# Langkah Pertama.


Untuk mencegah copy paste otomatis seperti yang dilakukan oleh blog AGC anda harus memendekkan feedburner agar artikel blog tidak tercopas 100% secara otomatis. Untuk setting feedburner anda harus log in di situs feedburner google.

# Langkah Kedua.


Setting di bagian Feed situs dan pilih singkat, maka blog yang biasa AGC blog kita tidak akan mendapatkan artikel kita secara utuh melainkan hanya sebagian kecil saja yang sudah kita tentukan.
cara setting feed di blog

# Langkah Ketiga.


Mematikan klik kanan mouse, dengan mematikan klik kanan maka artikel kita tidak bisa dicopas secara manual dengan memblok. Untuk cara ini anda harus menambahkan beberapa kode CSS dibagian .post-body berikut kode CSS nya :


user-select:none;
 -moz-user-select:none;
 -ms-user-select:none;
 -khtml-user-select:none;
 -webkit-user-select:none

Kode diatas masukkan didalam deretan kode .post-body yang sudah ada seperti contoh menjadi dibawah ini :

.post-body {
  font:$(post.page.text.font);
  color:$(post.body.color);
  line-height: 1.65em;
  text-align: left;
  word-wrap: break-word;
  user-select:none;
 -moz-user-select:none;
 -ms-user-select:none;
 -khtml-user-select:none;
 -webkit-user-select:none
}

Efek dari penggunaan kode diatas yaitu seluruh artikel yang berada di dalam post maka tidak akan bisa dicopas lagi, terus bagaimana jika blog tersebut adalah blog tutorial coding yang membutuhkan copy paste scripts yang dibutuhkan?

Baca Juga : Cara Menambahkan Centang Didepan Judul Artikel Blog

Untuk bisa di copas hanya bagian kode Scripts aja maka anda bisa menambahkan kode CSS dibawah ini setelah kode CSS diatas. Karena kolom kode CSS biasanga menggunakan Tag <pre> dan <code>. Berikut kode CSS nya :


.post-body pre code {
 user-select:text;
 -moz-user-select:text;
 -ms-user-select:text;
 -khtml-user-select:text;
 -webkit-user-select:text
}

Selanjutnya klik Simpan template.

# Langkah Keempat


Jika blog anda sudah terlanjur di copas dan anda merasa tersaingi maka anda bisa membuat laporan DMCA terhadap artikel yang menurut anda adalah karya anda sendiri yang di copas orang lain. Dengan cara lapor DMCA jika laporan anda diterima maka artikel yang mengopas blog anda akan dilakukan deindex atau dihapus dari mesin pencarian google.

Kalau sudah terjadi laporan DMCA maka siap siap aja blog copas akan tumbang satu per satu karena dihapus oleh google karena pelanggaran hak cipta terhadap konten yang dipublish.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Duplikat Konten ?m=1 Di webmaster

Saran dari saya jika anda ingin menjadi blogger sukses dan dapat menulis artikel yang bagus maka anda harus banyak membaca dan banyak mencoba menulis, walaupun bahasanya jelek dan amburadul tidak apa - apa. Pasti suatu saat nanti akan mahir menulis konten yang bagus.

Jadi terus semangat belajar membuat konten secara mandiri tanpa harus mengkopas blog orang lain.

Post a Comment for "Inilah Cara Mencegah Artikel Blog Tidak Bisa diCopas"