Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menghubungkan Antar Cabang Dengan Jaringan VPN

Sahabatinet.com - Cara membangun jaringan LAN antar cabang dengan VPN logmein hamachi, Mungkin sahabatinet sudah ada yang kenal aplikasi VPN LogMein Hamachi aplikasi yang bermanfaat banget untuk membangun Jaringan Network. Dengan memanfaatkan VPN LogMein Hamachi kita dapat menghubungkan jaringan komputer kita secara Online serasa Jaringan LAN.
cara menghubungkan komputer antar cabang dengan vpn

Jadi kita bisa melakukan sharing documen, printer bahkan bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan aplikasi client server seperti Aplikasi Accounting maupun Aplikasi yang lain yang berbasis client server Database berada dikomputer Server.

Apabila menginginkan bisa digunakan lebih dari 5 Komputer maka kita diwajibkan bayar $49/Tahun, tentu harga segitu menurutku lumayan murah dengan manfaat yang kita terima tanpa harus susah susah membangun jaringan yang lebih rumit dan memakan biaya yang lebih mahal karena harus beli peralatan jaringan yang tentunya tidak murah juga.

Baca Juga : Cara Meremote Komputer Jarak Jauh Menggunakan TeamVeawer Terbaru

Saya sudah memanfaatkan aplikasi ini selama 5 tahun dan terbukti bagus karena tinggal koneksikan dengan internet manapun kita langsung sudah terkoneksi dengan komputer server, bisa sharing data dengan mudah. bagi yang belum pernah mencoba silahkan dimanfaatkan VPN LogMein Hamachi ini untuk menunjang pekerjaan anda dimanapun anda berada. berikut link websitenya bisa dibuka DISINI
menghubungkan komputer antar cabang secara online

Berikut Langkah Setting VPN LogMein Hamachi :

  1. Setelah terbuka Dowloadlah sesuai dengan OS yang dipakai dan instal seperti anda menginstal aplikasi-aplikasi lain, tentunya sudah bisa kan. 
  2. Daftarkan Akun anda di SINI dengan klik Sign Up yang berada di pojok kanan atas, isikan email dan password yang diminta setelah itu create akun.
  3. Setelah anda mendaftar silahkan cek email untuk proses aktivasi akun supaya dapat menggunakan aplikasinya nanti karena diwajibkan log in dengan akun kita.
  4. Sekarang buka aplikasi yang sudah diinstal tadi dan masukkan username dan password yang sudah anda bikin tadi dan klik sig in maka akan tampil gambar diatas.
  5. Untuk membuat sebuah group jaringan silahkan klik NETWORK > Create at New Network maka akan terbuka jendela baru. 
     
  6. Isi Network ID dengan nama server komputer anda yang akan dijadikan nama group network nantinya, dan isi password maupun confirm password dan klik create maka akan tampil nama group network kita yang sudah anda bikin tadi seperti gambar diatas.
  7. Untuk mengkoneksikan komputer client atau join ke group silahkan klik NETWORK dan pilih Join an Existing Network seperti gambar dibawah ini dan isi Network Id dan password sesuai dengan Id yang sudah anda buat tadi dikomputer server dan klik join
     
  8. Apabila sudah terhubung dengan komputer server maka di aplikasi LogMein Hamachi komputer server maupun client akan ada tambahan nama komputer anda dan apabila komputer client tersambung maka akan berwarna hijau sedangkan apabila komputer tidak terkoneksi dengan internet maka akan berwarna bulet merah.

Sekian tutorial yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi para UKM yang bingung cara membuat jaringan pribadi berbasis VPN Client Server, dengan aplikasi VPN LogMein Hamachi sangat mudah diaplikasikan dan sangat mudah settingnya tanpa harus repot beli peralatan jaringan yang mahal-mahal koneksi database maupun dokumen bisa teratasi.

Catatan : 

Untuk koneksi internet yang masih Lelet maka koneksi database atau dokumen akan terasa lambat dan loadingnya lama, jadi usahakan koneksi internet anda lumayan kenceng supaya aktivitas anda lancar karena aplikasi ini memerlukan proses download upload sesuai data yang akan kita buka, semakin besar data yang akan dibuka maka akan semakin lama jika koneksi anda dibawah rata2.

1 comment for "Cara Mudah Menghubungkan Antar Cabang Dengan Jaringan VPN"

  1. Mau tanya apa ada perbedaan speed antara berbayar dgn tidak? Sy sudah mencoba versi free utk menjalan kan web server, tapi speed sangat amat lambat, padahal speed internet server 30mbps, bgtu juga dgn komp klien yang mengakses ke server melalui hamachi

    ReplyDelete