Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Cek Kondisi Hardisk dengan Software HDD Sentinel Pro

Sahabatinet.com - Cara mengetahui performa hardisk dengan menggunakan software HDD Sentinel Pro, Pernahkah dalam benak pikiran sobat inet ingin mengetahui berapa lama usia Hardisk Laptop atau PC dan berapa jam dipakai selama ini. 

Kita perlu mengetahui kondisi Hardisk Laptop maupn PC yang kita pakai untuk memastikan bahwa Hardisk Laptop sobat masih dalam keadaan sehat atau sudah mendekati akan rusak,
cara cek kerusakan hardisk

Mengingat komponen Hardisk adalah komponen yang sangat penting dibandingkan komponen yang lain karena didalamnya tersimpan File-File dokumen sobat selama ini. 

Jangan sampai dokumen penting sobat hilang gara-gara Hardisk rusak, untuk menghindari kerusakan hardisk yang parah sebelumnya pasti ada tanda-tanda yang menunjukkan hardisk itu sudah mulai menurun kemampuannya 

Diantaranya yang pernah saya alami yaitu laptop akan terasa lemot sekali, sering terjadi bluescreen dan yang paling parah tidak lagi bisa menjalankan OSnya.


Untuk menghindari kejadian yang mengerikan diatas sobat bisa cek kesehatan Hardisk sobat dengan sebuah software yang dapat mengetahui usia hardisk sobat secara akurat sehingga memudahkan sobat untuk menganalisa apakah hardisk perlu diganti atau masih bisa dipertahankan untuk menghindari hilangnya dokumen penting sobat. 

Nama softwarenya adalah HDD Sentinel Pro.

Cara mengetahui hardisk rusak

Berikut cara instalasi HDD Sentinel Pro di laptop atau PC Sobat :

  1. Download terlebih dahulu softwarenya DISINI dan pilih versi terbarunya.
  2. Setelah terdownload klik 2x pada file HDD Sentinel Setup.axe dan pilih bahasa yang sobat inginkan 
  3. Klik OK dan silahkan klik Next untuk langkah selanjutnya. 
  4. Pada bagian Persetujuan Lisensi silahkan pilih I Accept the Agreement  dan Klik Next. 
  5. Untuk folder penyimpanan instalasi biarkan saja sesuai dengan defaultnya yaitu di C:\Program Files (x86)\Hard Disk Sentinel. 
  6. Pada bagian select Start Menu Folder biarkan aja dan klik NEXT. 
  7. Silahkan Klik NEXT dan Klik Instal sampai proses selesai. 
  8. Klik Finish dan silahkan buka aplikasinya seperti gambar dibawah ini. 

Untuk mengetahui kondisi kesehatan Hardisk sobat, sobat bisa lihat performa dan kesehatan hardisk apabila menunjukkan 100% berarti hardisk sobat masih aman apabila kondisi dibawah 90% sobat harus siap-siap backup file penting sobat ke Hardisk External supaya sobat tidak kehilangan file penting sobat. 

Selain mengetahui kondisi kesehatan Hardisk HDD Sentinel juga bisa membaca umur dari Hardisk sobat yaitu berapa jam sobat menyalakan Laptop atau PC sobat, jadi dari situ kita bisa menentukan kapan kira-kira hardisk Laptop akan diganti atau masih dipertahankan.

Begitulah yang bisa saya paparkan mengenai softaware cek hardisk dari HDD Sentinel yang bisa sobat praktekkan sendiri di komputer sobat karena biasanya File sobat lebih penting darpada kompuer sobat, sehingga perlu dijaga baik-baik supaya tidak hilang begitu saja.

Catatan : 

Software HDD Sentinel adalah software berbayar apabila sobat ingin memiliki software tersebut sobat harus membeli lisensinya secara resmi apabila sobat tidak begitu membutuhkan sobat bisa mencoba trialnya selama 30 hari.

Post a Comment for "Cara Mudah Cek Kondisi Hardisk dengan Software HDD Sentinel Pro"