Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendaftar Blogger Bagi Pemula Yang Benar

Sahabatinet.com - Cara daftar blogspot dengan mudah, Sebelum sobat mendaftar blog saya ingin memastikan, Apa tujuan Anda mendaftar blog? Konten apa yang akan dibahas dalam blog tersebut?. Nah 2 pertanyaan itu akan mewakili bagi blogger pemula seperti saya ini untuk membangun sebuah blog yang relevan dan kaya akan informasi positif untuk pembaca.

cara daftar blog
Kembali ke pertanyaan pertama yaitu 

Apa tujuan mendaftar Blog?.  


Dari pertanyaan itu kita bisa simpulkan beberapa tujuan utama membangun sebuah blog. Ada beberapa tujuan orang membangun blog yaitu  :
  1. Hanya sebagai tempat untuk menampung catatan pribadi Anda misalnya kisah perjalanan hidup.
  2. Hanya ingin menyebarkan ilmu dan informasi yang pernah  Anda dapatkan sewaktu kuliah atau pengalaman pribadi.
  3. Membangun Blog untuk berbisnis, seperti profil perusahaan, berjualan online Dll.
  4. Atau Membangun Blog yang tujuan utamanya ingin mendapatkan penghasilan dari sebuah blog.

Dari uraian diatas sobat sudah punya gambaran tujuan sobat membangun sebuah blog. Dan yang paling sobat inginkan pasti yang nomer 4 yaitu Ingin mendapatkan penghasilan dari Blog. 

Nah kalau sobat tujuan utamanya penghasilan maka sobat harus bener-bener membangun blog dengan serius terutama isi konten yang didalamnya. 

Membangun blog yang dapat menghasilkan pendapatan tidaklah semudah yang kita bayangkan, butuh proses yang panjang dan butuh penelitian dan riset terlebih dahulu supaya banyak visitor yang datang mencari informasi di blog sobat.


Konten yang sobat sajikan juga harus berbobot dan memberikan informasi yang dicari oleh visitor, sehingga visitor betah dan berlama-lama di blog sobat. 

Untuk mendatangkan visitor banyak tidak hanya membuat konten yang berkualitas tapi sobat juga harus menguasai tehnik SEO. SEO sangat mempengaruhi traffic visitor karena tanpa SEO blog sobat tidak akan dikenal orang atau tidak akan mendapatkan page one oleh Search Engine Google, maka SEO sangat penting bagi sebuah blog.

Dengan menguasai SEO maka akan dengan mudah setiap artikel yang sobat tulis kemungkinan besar bisa menjadi page one, sehingga dapat mendongkrak traffic yang tinggi buat blog sobat. 

Selain menerapkan teknik SEO yang benar sobat juga harus menentukan Keyword yang pas dan sedikit persaingan tetapi banyak dicari orang. 

Keyword juga penting sekali untuk menarik visitor mengunjungi blog sobat, apabila keyword tidak tepat maka visitor akan malas mengunjungi blog sobat.

Masih banyak cara-cara untuk mendapatkan visitor yang banyak tetapi bagi pemula bisa dipelajari yang sudah saya sebutkan diatas.

Pertanyaan kedua yaitu 

Konten Apa Yang Akan Dibahas Dalam Blog? 


Nah dari pertanyaan ini sobat harus tentukan apa yang akan dibahas nanti didalam blog, supaya isi atau konten dalam blog sobat jelas satu topik. 

Ya boleh dalam satu blog membahas banyak topik akan tetapi lebih relevan kalau disesuaikan dengan hanya beberapa topik yang saling berkaitan, tujuannya adalah supaya visitor terarah dengan artikel-artikel yang ada dalam blog sobat dan punya kesempatan membuka artikel lain karena masih dalam satu topik pembahasan.

Konten yang dibahas dalam blog sangat mempengaruhi google dalam menentukan iklan yang relevan terhadap blog sobat. Jadi Topik blog sangat penting untuk menentukan kearah mana blog sobat akan dibangun, dengan adanya topik yang jelas maka sobat akan fokus dalam mengisi konten di blog sobat.

Isikan konten-konten original hasil buah pikian sobat supaya tidak terjadi claim dari blogger lain, disamping itu google sangat menghargai hasil karya sobat sendiri. 

Jadi jangan coba-coba sobat mengcopas artikel orang lain supaya tidak terjadi permasalahan dikemudian hari. Artikel yang hasil jernih payah sendiri akan memeberikan peringkat tersendiri di mesin pencari google karena tidak ada yang sama dengan artikel sobat.

Gimana sudah paham kan tujuan sobat akan membuat sebuah blog.

Bagi sobat yang belum mendaftar blog dan ingin mendaftar silahkan ikuti step-by-step :
  • Saya harap sobat sudah memiliki akun gmail yang akan dibuat untuk mendaftar blog, kalau sudah punya kunjungi www.blogger.com
  • Klik Buat Blog dan masukkan email dan kata sandi gmail sobat dan klik MASUK,  Maka sobat akan diarahkan ke halaman selamat datang.
  • Silahkan tentukan Profil Blog sobat, saya sarankan menggunakan profil google plus. Dan isikan nama yang akan tampil di profil blog sobat. Baca Juga : Manfaat Blog Terhubung Dengan Google Plus
  • Setelah diisi nama profil dan foto profil silahkan klik simpan dan klik Lanjutkan Ke Blogger maka sobat akan dibawa ke Dasboard Blogger sobat. Silahkan klik Buat Blog Baru.
  • Tentukan Judul Blog, Alamat Blog dan Tema Blog sementara setelah itu Klik Buat Blog. dan blog sudah jadi dibuat.
Dari sini tutorial membuat blog bagi pemula sudah selesai dan silahkan ikuti settingan blog supaya sesuai dengan keinginan sobat yaitu responsive dan user friendly tentunya juga SEO Friendly dengan membaca artikel berikut ini :

1 comment for "Cara Mendaftar Blogger Bagi Pemula Yang Benar"

  1. sahabat inet adalah nama blog yg sudah pernah saya kelola diblogponsel,meskipun kini bp wafat.
    terima kasih sudah mengambil alih nama itu diblogspot sob.

    ReplyDelete