Wednesday, September 26, 2018

Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Erorr Mengetik Sendiri

Advertise 1

Advertise 2

Baca Juga



Kali ini sahabatinet.com akan membagikan Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi seperti sedia kala. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sudah tidak terbendung lagi kebutuhan akan perangkat komputer sangat tinggi terutama mereka yang memiliki bisnis maupun mereka yang sedang kuliah. Laptop saat ini bukan lagi barang yang mewah yang seperti bayanganku dulu yang hanya orang-orang berduit saja yang bisa memilikinya akan tetapi sekarang banyak orang sudah memilikinya.

Yang namanya barang elektronik pasti memiliki usia pakai tergantung kita bagaimana cara merwatnya supaya usia laptop bisa lebih panjang dari perkiraan ekonomis. Salah satu komponen hardware laptop yang biasanya gampang rusak adalah tombol keyboard, karena keyboard salah satu komponen yang banyak digunakan untuk mengetik kata-kata.

Tombol keyboard laptop bisa mengalami error dikarenakan usia pemakaian atau terkena cairan dan debu, sehingga kita harus rutin membersihkan tombol keyboard dengan benar supaya bisa berfungsi dengan normal. Tidak berfungsinya tombol keyboard menyebabkan aktivitas kita terganggu apalagi yang tidak berfungsi adalah angka atau huruf-huruf penting yang banyak digunakan untuk merangkai kata-kata.

Pasti kita merasa jengkel sekali kalau salah satu tombol keyboard tidak berfungsi, hal itu pernah saya alami sendiri, mau ganti keyboard tidak punya uang rasanya jengkel. Saya berusaha mencari solusi dan mencari penyebab masalah keyboard laptop tidak berfungsi. Kalau kita buka komponen-komponen didalam keyboard itu hanya sedikit jadi kalau kita ada kemauan dan ingin memperbaiki keyboardnya sendiri pasti bisa.

Banyak sekali tutorial di internet yang membahas masalah tombol keyboard yang error mengetik sendiri dan tidak mau berhenti. Sebenarnya kenapa keyboard laptop bisa menjadi error?dan bagaimana cara memperbaikinya tanpa harus membawa ke tukang servis laptop. Bagi sobat yang lagi mengalami kendala keyboard error berikut saya akan membahas penyebabnya satu persatu diantaranya :

  • Usia laptop sudah tua sehingga membuat hardware laptop mulai menurun fungsinya.
  • Terkena percikan air yang tidak sengaja juga bisa membuat tombol keyboard error.
  • Masuknya debu dan benda-benda kecil ke dalam sela-sela keyboard.
  • Tempat penyimpanan laptop yang kurang kering, maksudnya tempat kita menyimpan udaranya lembab.
  • Pemakaian yang tidak wajar, karena laptop standart didesain bekerja secara normal.
  • Digunakan bermain game terus menerus juga dapat menyebabkan keyboard error.
  • Driver laptop yang kurang update juga mempengaruhi keyboard error.
  • Kurangnya perhatian sama laptop, tidak hanya manusia aja guys laptop juga butuh perhatian.
  • Pernah mengalami benturan entah itu jatuh atau tertekan benda lain.

Ciri-ciri tombol keyboard laptop mulai error antara lain :

  • Tombol keyboard mulai tidak berfungsi entah itu satu atau beberapa tombol.
  • Biasanya mengetik sendiri dan tidak bisa dihentikan kecuali di restat laptopnya.
  • Keyboard tidak berfungsi sama sekali.

Cara Memperbaiki tombol keyboard yang error sebelum membawanya ke servive laptop :


  • Cek terlebih dahulu tombol mana aja yang mengalami kerusakan dengan bantuan sebuah software portable bisa diunduh DISINI
  • Buka aplikasi tersebut dan ketikkan seluruh tombol keyboard sobat dan amati didisplay aplikasi tersebut jika tombol keyboard sobat normal semua maka akan berwarna hijau semua apabila ada yang gak berfungsi maka tidak ada gerakan jika ditekan dan tidak berwarna.




  • Aplikasi tersebut juga mampu memperbaiki keyboard error yang disebabkan oleh drivernya.
  • Update driver keyboard sesuai dengan OS terbaru.
  • Jika dengan cara diatas tidak juga mengatasi masalah keyboard tidak berfungsi maka sobat harus dengan cara melepas salah satu tombol yang mengalami error atau tidak berfungsi. Setelah tombol terlepas bersihkan tombol tersebut dengan memasukkan jarum kedalam tombol keyboard tersebut, cara ini sudah saya buktikan dan alhamdullillah tombol keyboard yang awalnya mati dan error ngetik sendiri bisa sembuh tanpa harus membawa ke tukang service laptop.
  • Cara melepas tombol keyboard sangat mudah sobat hanya perlu mencabutnya saja dan dibersihkan. Untuk memasangnya kembali sobat tinggal letakkan yang Pas terus tekan sampai berbunyi kretek maka tombol akan terpasang kembali.
  • Gunakan minyak kayu putih dan tisu bersih atau cuttombad untuk membersihkan tombol-tombolnya.
  • Jika semua cara diatas sudah dilakukan semua dan tidak berhasil maka sobat gunakan langkah terakhir yaitu membawanya ke tukang service laptop.
  • Biaya ganti keyboard laptop bervariasi sesuai dengan merk laptop, untuk laptop standart rata-rata menghabiskan biaya antara 250 rb s.d 700 rb tergantung laptonya.
Begitulah pengalaman pribadi saya disaat laptop kesayangan saya error pada keyboardnya dan saya berusaha memperbaiki sendiri dengan cara-cara diatas dan alhamdullillah sampai tulisan ini ditulis masih normal dan berfungsi normal. Keyboard laptop saya mulai error ketika menginjak usia 4 tahunan.

Jika artikel ini bermanfaat untuk sahabatinet.com silahkan share ke kerabat atau temen supaya dapat menghemat biaya service.






EmoticonEmoticon