Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setting Ukuran Kertas Faktur dan Surat Jalan di Accurate 4 atau 5

Sahabatinet.com - Bagi pengguna software Accounting Accurate 4 maupun 5 terutama yang baru memakai program tersebut jika sobat tidak disettingkan sekalian sama penjual aplikasi tersebut maka sobat akan mengalami banyak kesulitan dalam mengatur program tersebut.

Sebenarnya sudah ada panduan cara menggunakan program tersebut cuma dalam panduaanya itu hanya sebatas masalah umum bukan masalah-masalah khusus, menurut pengalaman pribadiku sih gitu.

Kalau masalah penggunaan secara umum sobat bisa membacanya di buku panduan menggunakan accurate 4 maupun 5 disitu sudah lengkap atau bisa juga mengunjungi blog Tutorial accurate.

Nah bagi sebagian orang kadang menemukan masalah khusus yang tidak ada dalam buku panduan maupun tutorial online sehingga pengguna harus sekreatif mungkin mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satu masalah yang akan saya bahas kali ini yaitu Cara Setting Printer dan Ukuran Kertas Faktur dan Surat Jalan di Accurate. 


Sebelum mengatur settingan di program accurate sebaiknya anda melakukan setting terlebih dahulu di printer dot matrix yang akan digunakan untuk mencetak surat jalan maupun faktur penjualan.

Tambahkan ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak surat jalan supaya nanti ukuran kertas tersebut bisa ditambahkan didalam program accurate.

Baca Juga : Cara Menambah Ukuran Kertas Di Printer Dot Matrix Epson LX-310

Berikut langkah-langkah yang harus sobat lakukan dalam mensetting ukuran kertasnya :

  • Saya harap sobat sudah paham ya Cara Menambah Ukuran Kertas Pada Printer.
  • Buka program Accurate yang sobat pakai entah itu accurate 4 maupun 5 dan masuk pada menu PERSIAPAN silahkan pilih Rancangan Formulir seperti gambar dibawah ini.
  • Pada menu Rancangan Formulir silahkan pilih pada formulir Faktur Penjualan atau Pengiriman Pesanan klik 2 x untuk membuka rancangan designnya.
  • Pilih Desain sbg FRF sehingga akan muncul format design Faktur penjualan.

  • Pada menu file pilih Report Options maka akan tampil daftar printer silahkan pilih printer Dot Matrik sesuai yang sobat pakai dan klik OK

  • Setelah pemilihan printer sudah dilakukan maka tahap selanjutnya masuk menu File > Page Options  dan pilih ukuran kertas yang sudah sobat buat tadi yaitu dengan nama Faktur atau Surat Jalan. selanjutnya klik OK. Dan lihat hasilnya pasti berubah menyesuaikan ukuran kertas yang sudah di buat tadi pada Prints Server Properties
  • Jika langkah-langkah diatas sudah diikuti dengan benar sekarang langkah terakhir yaitu SIMPAN DESAIN dan Klik OK pada Rancangan Formulir.
Begitulah Cara Setting Ukuran Kertas Faktur dan Surat Jalan di Accurate 4 maupun 5, Jika sobat masih mengalami kesulitan bisa ditanyakan di kolom komentar dibawah.

5 comments for "Setting Ukuran Kertas Faktur dan Surat Jalan di Accurate 4 atau 5"

  1. Masalah print
    Saya pakai 3komputer 3 printer dalam 1 akun accurate
    Pas kita sama-sama mau print
    Kita harus menunggu teman selesai print dulu, sudah selesai
    Saya harus mengantu ukuran kertas dulu, bisa tidak ukuran kertas nya otomatis jadi pas kita mau sama2 print gak usah saling menunggu, karna sebelum prin kt harus ganti ukuran kertas

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah sudah disetting default printernya dan ukuran kertasnya di menu rancangan formulir gan?seharusnya bisa klau sdh disetting di setiap rancangan formulir disetiap komputer user..

      Delete
    2. Sudah sama ukuran kertas
      Tetap aja ukuran kertas ny berbeda jadi legal

      Delete
  2. mohon infonya bagaimana cara memperpendek kolom surat jalannya ya?
    karena output saya untuk yang kolom tandatangan itu ada di halaman berikutnya.
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk settingan ukuran biasanya menyesuaikan panjang barang yg diinput disurat jalan tersebut, jika Ibu input barang banyak secara otomatis akan membuat halaman baru, namun jika masalahnya barang sedikit tapi kolom TT kebawah atau halaman berikutnya Ibu bisa setting di rancangan formulir dan dibenarkan lagi settingannya dan kasih ukuran default kertasnya sesuai dengan kertas seurat jalan yaitu 21,5 cm x 14 cm.. kalau settingan sudah bener di rancangan formulir pasti hasil cetaknya sama Bu..

      Delete