Thursday, November 15, 2018

Perbedaan Whatsapp Bisnis Dengan Whatsapp Biasa

Advertise 1

Advertise 2

Baca Juga


sahabatinet.com Whatsapp atau WA pasti sudah tidak asing lagi bagi pengguna smartphone, aplikasi yang sangat populer setelah blackberry messenger atau BBM. Karena kemudahan dan ringan maka sangat mudah untuk sarana komunikasi yag effective dan effisien. Jadi jangan heran jika komunikasi menggunakan whatssapp sangat digemari dibanding aplikasi chatting lainnya.

Yang saya suka dari whatssapp adalah tidak adanya iklan kayak seperti aplikasi chat lainnya, pasti sobat akan merasa gak nyaman kan kalau aplikasi ada iklannya. Semenjak aplikasi whatssapp diakui sisi oleh facebook membuat WA mengalami update terus menerus untuk memberikan fitur - fitur baru yang tentunya juga bermanfaat untuk kita semua.

Dengan adanya aplikasi WA kita dimudahkan dalam hal chatting atau berkomunikasi dengan sanak saudara atau teman kita, karena WA hanya membutuhkan jaringan internet beda dengan SMS yang langsung memotong pulsa. WA terbukti dapat menghemat pengeluaran kita dalam hal chatting beda dengan kita menggunakan fitur sms yang boros dengan pulsa.

WA dan facebook mulai melirik sektor bisnis sebagai alat komunikasi yang nyaman dan efektif maka dari itu sekarang WA meluncurkan WA khusus yang berhubungan dengan bisnis. Namanya WA Bisnis, fitur didalamnya tidak kalah beda sama WA biasa, lantas apa perbedaannya dengan WA biasa?. Tentunya WA bisnis memiliki fitur khusus yang tidak dimiliki oleh WA biasa.

Gimana sobat tertarik untuk beralih ke wa bisnis?cara beralihnya sangatlah mudah sama seperti wa biasa. Jika sobat ingin menggunakan wa bisnis maka akun di wa biasa akan dialihkan menjadi wa bisnis jadi sobat harus memilihnya. Kalau secara kasat mata gak ada perbedaan sih dengan wa biasa, cuma wa bisnis ada settingan bisnis yang tidak dimiliki oleh wa biasa.

Apa saja sih settingan khusus itu yang membedakan antara wa biasa dengan wa bisnis?. Bagi sobat yang sudah memasang wa bisnis pasti sudah merasakan perbedaannya terutama untuk wa keperluan bisnis, saya sudah menggunakannya untuk berjualan online dan saya rasakan kemudahannya ketika ada konsumen yang ingin bertanya suatu produk.

Berikut saya jabarkan perbedaannya antara whatssapp biasa dengan whatssapp bisnis :


1. Nama akun whatsapp bisnis tidak bisa dirubah.


Jika sobat mau beralih ke wa bisnis harap diperhatikan tentang akun wa sobat karena hanya bisa disetting satu kali aja setelah setting jadi maka akun wa sobat jadi permanen dan tidak dapat diubah lagi. Jadi sebelum membuat akun bisnis buatlah konsep terlebih dahulu untuk menentukan akun wa bisnis supaya seperti yang sobat inginkan.

2. Ada Profil Bisnis.


Nah fitur yang satu ini tidak akan sobat temukan di wa biasa, sedangkan di wa bisnis memiliki profil bisnis yang bisa sobat gunakan untuk mengenalkan bisnis sobat supaya pelanggan tau tentang bisnis sobat. Profil bisnis ini meliputi deskripsi keterangan bisnis, situs perusahaan, alamat, nomor teleponnya, dan lain sebagainnya.

Data bisnis tersebut dibutuhkan whatsapp bisnis agar kelak dapat memberikan simbol centang hijau sebagai akun wa bisnis yang sudah terverifikasi. Jadi fitur ini jelas tidak akan sobat jumpai pada whatsapp biasa yang penggunaanya hanya sebatas mengisi nama dan status saja.

3. Dapat Menggunakan Nomer Telepon Perusahaan.


Nah fitur yang sangat menarik sekali yang dimiliki oleh wa bisnis yaitu penggunanya bisa memakai nomer telepon perusahaan selain nomer seluler untuk membuat akun wa bisnis. Sebuah hak istimewa yang tidak ada pada wa biasa.

Dengan adanya fitur tersebut pemilik bisnis dapat memisahkan akun wa bisnis dari nomer telepon pribadi, sehingga memisahkan antara percakapan pribadi dengan percakapan yang berhubungan dengan bisnisnya. Gimana sobat tertarik untuk menggunakannya kan?

4. Bisa Migrasi atau Memindahkan Percakapan Antar Ponsel dan Akun.


Dengan adanya fitur Migrasi percakapan memudahkan kita untuk mentrasnfer chat atau percakapan dari satu perangkat ke perangkat lain atau satu akaun ke akun bisnis lain. Migrasi percakapan atau chat ini sangat penting bagi pelaku bisnis yang biasanya menggunakan satu satunya nomer seluler untuk aku whatsappnya.

5. Memiliki Fitur Auto Response


Fitur yang satu ini jelas tidak dimiliki oleh wa biasa, fitur auto respone ini memberikan kemudahan dalam menyapa pelanggan yang sedang menchat kita. Fitur itu juga bisa sobat gunakan untuk mengalihkan pelanggan ke halaman tertentu yang sudah sobat buat atau promosi jika sobat tidak sedang dalam online.

Whatsapp sangat memahami akan kondisi bisnis sehingga untuk meringankan beban pebisnis, wa bisnis menghadirkan fitur auto reponse. Pebisnis dapat menciptakan pesan balasan yang akan terkirim secara otomatis saat kita tidak ada waktu untuk membalas pesan dari pelanggan kita.

6. Ada Analisis Data Interaksi Pelanggan


Wa bisnis memberikan fitur analisa data interaksi pelanggan yang memudahkan kita untuk membaca respon dari sejumlah percakapan yang sudah kita kirim. Data statistik sangat penting untuk sebuah bisnis karena dapat digunakan untuk mengukur kinerja bisnis. Untuk itu wa bisnis menyediakan informasi detail terkait interaksi pelanggan dengan basis data analisis, seperti jumlah pesan yang terkirim, diterima, dikirim dan dibaca.

Untuk melihat data tersebut pengguna wa bisnis cukup dengan menekan opsi yang ada dikanan atas percakapan, kemudian masuk ke pengaturan dan pilih statistik.

Bagi pelaku bisnis tentunya dengan adanya fitur - fitur diatas sangat bermanfaat sekali untuk menunjang bisnisnya. Jadi bagi yang menekuni bisnis seharusnya sudah beralih menggunakan wa bisnis supaya dapat menikmati fitur seperti diatas.

Begitulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai perbedaan wa bisnis dengan wa biasa untuk perkembangan lebih lanjut bisa kita pantau terus dari update - update yang dilakukan oleh pihak devoloper wa tersebut.




EmoticonEmoticon