Wednesday, November 7, 2018

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Advertise 1

Advertise 2

Baca Juga


sahabatinet.com - Pernahkah sobat merasa jengkel ketika sedang menggunakan komputer atau laptop yang saat diopersikannya serasa lemot banget dan tentunya membuat pekerjaan kita tertunda gara - gara komputer tidak bisa bekerja secara normal. Keadaan tersebut pasti pernah terjadi sama sobat sendiri kan?. 

Yah saya sendiri juga sering mengalami hal itu terutama ketika membuka browser crome dan membuka aplikasi lain maka komputer atau laptop kita akan semakin melambat kinerjanya akibat banyak proses yang harus dilakukan oleh komputer tersebut.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya selama menggunakan komputer atau laptop yang pernah mengalami hal tersebut. Sebenarnya cara untuk mengatasi komputer atau laptop lemot banyak sekali yang sudah membahasnya akan tetapi saya akan membagikan tips sesuai pengalaman saya.

Untuk mengatasi komputer lemot sobat harus mencari tau terlebih dahulu apa penyebabnya soalnya komputer lemot bisa disebabkan oleh banyak hal jadi sobat harus teliti mencari penyebabnya. Jangan sampai salah dalam mengambil keputusan yang efeknya bisa mengorbankan kinerja laptop itu sendiri.

Berikut hal - hal yang harus sobat Cek Faktor Penyebab komputer Lemot :


1. Usia Komputer


Hal pertama yang harus sobat perhatikan adalah usia komputer sobat, kenapa harus mengecek usia komputer kan sebelumnya biasa biasa aja gak ada masalah? pasti sobat bertanya tentang itu. Asal sobat tau ya usia laptop juga sangat mempengaruhi kecepatan laptop, bagi sobat yang pernah merasakan komputer versi pentium pertama s.d ke empat pasti sudah tau kecepatan komputer tersebut.

Hanya untuk membuka jendela awal aja bisa sobat tinggal minum kopi dan makan gorengan sampai jendela awal benar - benar terbuka. Yah itu dulu tapi beda banget dengan yang sekarang komputer lemot sedikit aja sudah terasa lama.

Kenapa usia mempengaruhi kecepatan proses komputer? yang bisa saya jelaskan dari masalah ini yaitu pada intinya komputer itu terdiri dari perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak (software).

untuk perangkat keras pasti sobat tau sendiri kan semakin lama atau tua usia komputer pasti akan diikuti dengan menurunnya fungsi dari perangkat keras itu sendiri. Salah satu perangkat keras yang menurun paling utama adalah PSU / Power supplay komputer.

2. Software


Penyebab komputer lemot yang kedua adalah software yang terinstal dikomputer atau laptop itu sendiri. Masalah paling pokok yang menyebabkan komputer lambat kinerjanya yaitu software yang sedang berjalan. Kenapa software bisa menyebabkan komputer lambat? yah karena setiap software memiliki specsifikasi khusus minimal pengoperasian dengan specsifikasi yang sudah ditentukan.

Jika sobat memaksakan untuk menggunakan software yang tidak sesuai dengan kemampuan komputer sobat maka yang terjadi adalah komputer sobat akan menjadi berat kinerjanya. Hal itu disebabkan program tersebut berjalan tidak semestinya dan memaksa komputer untuk mampu membuka program tersebut.

Contoh softaware yang memiliki kinerja berat antara lain :

  • Keluarga Adobe, Sobat pasti tidak asing lagi dengan adobe terutama adobe photoshop kan? program tersebut memerlukan spesifikasi komputer yang power full supaya dapat berjalan lancar ketika sedang menggunakannya terutama VGA.
  • Corel Draw, Sobat pasti juga tidak asing dengan yang namanya corel draw, salah satu software terkenal yang sudah banyak digunakan oleh para desainer untuk menunjang aktivitas kerja. Software corel ini mampu menghasilkan maha karya yang sangat spectakuler dibelahan dunia. Jadi untuk menggunakan software ini spesifikasi komputer sobat harus diatas standart bila menginginkan kinerja yang bagus.
  • Software 3D yang biasanya digunakan untuk membuat desain karakter atau membuat denah animasi dan lain sebagainya. Jangan ditanya lagi kalau software yang satu ini pasti membutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk menjalankannya.
  • Dan masih banyak lagi software - software yang memiliki kinerja berat yang bisa membuat komputer sobat lemot jika tidak sesuai spesifikasi yang dianjurkan.

3. Virus.


Bagi sobat yang biasa download softaware pasti sudah tidak asing lagi yang namanya virus. Salah satu penyebab komputer melambat yaitu virus atau trojan yang berjalan mengganggu system komputer bahkan bisa menghapus dan mencuri data komputer.

Bagi komputer yang bekerja secara online atau terhubung dengan internet bahaya virus sangat besar mengintainya karena penyebaran virus terbesar adalah lewat jaringan internet. Jika komputer atau laptop sobat sudah terkena virus trojan atau malware maka biasanya komputer akan berjalan tidak pada mestinya sehingga membuat komputer lampbat.

Untuk mengatasi bahaya virus ini sobat harus membeli dan menginstal antivirus yang handal supaya komputer sobat terhindar dari bahaya virus. Jika sobat tidak mampu membelinya sobat bisa menggunakan versi gratis seperti contoh Antivirus buatan lokal yaitu SMADAV.

4. RAM


Jika dari poin 1, 2 dan 3 tidak ada masalah saatnya sobat mengecek kapasitas RAM pada komputer sobat. Apa sih sebenarnya RAM itu? RAM adalah singkatan darai Random Accses Memory yaitu suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random).

Fungsi RAM antara lain :

  1. Membaca Data.
  2. Penyimpanan Sementara
Baca Juga : Pengertian RAM, Fungsi dan Jenisnya


Kenapa RAM harus di cek? jawabannya adalah kapasitas RAM yang kecil akan mempengaruhi kinerja aplikasi yang dibukanya karena kehabisan RAM. Semakin besar kapasitas RAM semakin bagus. Jadi sobat harus mengupgrade RAM jika kapasitasnya kecil supaya kinerja komputer sobat menjadi lancar.

5. Prosesor atau CPU


Hardware selanjutnya yaitu CPU, CPU merupakan otak dari sebuah komputer tanpa adanya CPU komputer tidak akan bisa bekerja karena semua perintah yang diinput semua akan diproses didalam CPU. Jadi CPU berperan penting dalam dalam komputer, terus apa hubungannya dengan komputer lemot atau lelet? yah CPU sangat berpengaruh dalam kecepatan sebuah komputer.

CPU memeliki perbedan core atau otak jadi semakin banyak core maka akan semakin cepat komputer itu dalam memproses data. Apabila komputer sobat lemot coba di cek spesifikasi CPU komputer sobat apakah memiliki banyak core, untuk komputer standart saat ini memiliki 4 core yang disebut dengan istilah Quardcore.

Jika komputer sobat masih dual core maka dipastikan untuk mengoperasikan program - program saat ini akan terasa lambat banget karena program komputer saat ini sudah dikembangkan terbaru yang mengakibatkan membtuhkan spesifikasi CPU yang kencang.

Dan jika sobat tidak memiliki anggaran untuk mengupgrade komputer sobat alangkah baiknya jangan diinstal program - program yang berat cukup dengan program yang dibutuhkan secara wajar aja.

Jika ternyata komputer lelet atau lemot disebabkan CPU rendah maka jalan lain untuk mengatasinya yaitu dengan membeli komputer baru karena mengganti CPU tiap type sudah memiliki socket yang berbeda beda dan motherboard juga tidak sama.


6. Hardisk


Dan hardware / perangkat keras yang membuat kinerja komputer semakin lambat adalah Harddisk. Hardisk yang sudah tua pasti akan sangat menurun pemformanya sehingga menyebabkan eksekusi dari perintah program akan berjalan sangat lambat. Untuk mengetahu pemforma hardisk sobat bisa baca : Cara Mengecek kesehatan Hardisk Komputer. 

Apabila dalam pengecekan dengan program tersebut ditemukan penurunan dari pemforma hardisk maka komputer akan menjadi lelet dan lemot. Biasanya angka kesehatan hardisk sudah dibawah 70% maka dari itu sobat harus segera mengganti hardiks tersebut jika sudah menyentuh angka 70% kebawah.

Apabila sobat tidak menggantinya maka cepat atau lambat komputer itu kan mati dan tidak bisa dijalankan lagi secara normal. Kalau sudah terlanjur seperti itu maka pupus sudah riwayat komputer itu.

Solusi untuk masalah ini sobat harus mengganti hardisk yang baru supaya komputer bisa bekerja dengan normal kembali.

Begitulah tips yang bisa saya berikan semoga bermanfaat untuk semuanya.



EmoticonEmoticon