Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggabungkan File PDF Secara Online

Cara Menggabungkan File PDF


Sahabatinet.com - Kali ini saya akan membagikan cara menggabungkan file PDF secara online menjadi satu file utuh. Cara ini mempermudah sobat jika memiliki file pdf yang terpecah menjadi banyak padahal file tersebut masih dalam satu bagian. Dengan adanya teknik penggabungan ini sobat bisa menghemat tempat dan akan kelihatan rapi folder file sobat.

Sebelum masuk ke totorial penggabungan file pdf sobat harus tau dulu apa itu PDF? jangan sampai kita sudah bahas kesana kemari tapi pengertian, manfaat menyimpan menggunakan ekstensi pdf sobat tidak mengerti.

PDF atau portable document format merupakan salah satu format berkas yang dibuat oleh adobe system inc. Adobe merupakan perusahaan software terbesar saat ini yang memiliki produk digital yang sangat terkenal salah satunya adobe photoshop yaitu software editing gambar yang sangat populer dikalangan desainer.

walaupun pada awal dibuatnya pdf tidak begitu populer namun saat ini penyimpanan file berformat pdf banyak dipakai oleh pekerja kantoran atau pembuatan sebuah e-book. Dengan menyimpan file dokumen sobat ke dalam format pdf saya jamin file tersebut jika dibuka orang lain formatnya tidak akan terurai beda kalau sobat simpan masih dalam bentuk file dokumen asli maka jika dibuka dengan beda software maka formatnya akan berantakan.

Contohnya kalau sobat akan mengirim dokumen dalam bentuk format microsoft words, namu versi words sobat sendiri versi lawas dan penerima file tersebut versi terbaru dan menurut pengalaman yang pernah saya alami formatnya bisa berubah. Dari kejadian tersebut maka saya harus menyimpannya dalam format pdf supaya penerima mendapatkan file yang utuh.

Sebenarnya menggabungkan file pdf ini ada dua cara yaitu secara online dengan mengunjungi situs web yang menyediakan penggabungan file pdf dan juga bisa menggunakan software offline. 

Berikut tutorial cara menggabungkan file pdf secara online maupun offline :

1. Online



  • Untuk cara online ini sobat harus mengunjungi situs https://smallpdf.com/merge-pdf
  • Uploud file PDF yang sudah disiapkan bisa dengan cara di blok semua file pdf terus di drag atau bisa uploud satu satu dan bisa juga dari penyimpanan online seperti google drive atau dropbox.
Cara menggabungkan file PDF secara online

  • Jika pdf sudah teruploud semua seperti gambar diatas langkah selanjutnya klik MERGE PDF tunggu hingga proses selesai.
Cara menggabungkan file PDF secara online
  • Setelah selesai tergabung silahkan sobat download atau bisa disimpan langsung di dropbox atau google drive dan bisa juga dikirim langsung menggunakan email.
  • Begitulah cara menggabungkan file pdf dengan menggunakan tools online.

2. OFFLINE


  • Untuk menggabungkan file PDF secara offline sobat perlu memiliki salah satu software terkenal yang banyak digunakan yaitu Nitro PDF, software ini memiliki banyak sekali fitur untuk mengolah PDF.
  • Buka aplikasi Nitro PDF yang sudah sobat instal jika belum silahkan instal terlebih dahulu disini.
  • Buka salah satu file PDF yang akan digabungkan.

  • Jika sudah terbuka langkah selanjutnya Pilih Menu Edit > Insert
  • Tentukan penempatan file PDF nya dibagian place at > location > after / before > dihalaman awal/ first page atau last page atau bisa juga mengetik halamannya > insert
  • Selesai
Begitulah cara menggabungkan file pdf secara online maupun offline yang sangat mudah dan bisa sobat praktekkan sendiri. Jika sobat mengalami kesulitan bisa meninggalkan komentar dibawah ini.

Baca Juga : Cara Konverter PDF Menjadi JPG

Post a Comment for "Cara Menggabungkan File PDF Secara Online"