Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Formulir Bukti Bank Keluar di Accurate

Membuat Formulir Bukti Bank Keluar di Accurate

Sahabatinet.com - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat desain bukti bank keluar pada program accounting accurate yang lagi populer saat ini. Saya hanya berbagi pengalaman yang pernah saya kuasai mengenai program akuntansi accurate. Karena kantor saya bekerja sudah menggunakan accurate sejak tahun 2013 dan kebutulan yang memegang kendali adalah saya sendiri maka saya wajib menguasai semua menu yang ada di accurate.

Accurate adalah software akuntansi yang dikembangkan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera atau CPSSOFT yang sudah berdiri sejak tahun 1998 dan sudah dipercaya oleh puluhan ribu perusahaan yang ada di indonesia. Accurate memiliki fitur lengkap untuk mencatat seluruh transaksi keuangan di perusahaan anda.

Bagi perusahaan yang baru memulai menggunakan software accurate ini pasti banyak mengalami kendala masalah desain form yang ada di accurate, karena desain yang ada tidak sesuai yang kita inginkan. Bagi yang membutuhkan desain sendiri sesuai dengan yang diinginkan saya ada beberapa koleksi yang bisa digunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Form Bukti Bank Masuk di Accurate

Berbekal dari pengalaman saya menggunakan accurate mulai dari versi 3.0 maka saya paham semua fungsi dari setiap menu yang ada di accurate. Semua desain form yang sudah saya buat mulai dari Sales order sampai dengan penerimaan penjualan, modul pembelian, modul buku besar, modul kas bank dan modul laporan yang diinginkan insallah saya bisa membuatnya.

Karena dari pihak dari pihak accurate sendiri hanya menyediakan versi standart yang kadang kala tidak sesuai dengan yang kita inginkan, maka dari itu untuk mendapatkan desain yang kita inginkan kita perlu request kepada penyedia jasa desain.

Karena saya orangnya suka utak atik berbagai macam software maka dalam lintas fikiran saya kenapa gak desain sendiri aja sambil belajar apa aja fungsi setiap elemen yang ada di editor desain yang sudah ada dalam program tersebut.

Dari berbekal belajar otodidak itulah akhirnya saya bisa mendesain form yang sesuai dan sesuai dengan yang saya inginkan. Sebenernya membuat desian form sangat mudah kalau kita sudah memahami elemen - elemen yang dibutuhkan dan apa aja yang akan ditampilkan dalam form tersebut.

Contoh membuat Desain Form Bukti Bank Keluar di Accurate maka kita harus tau terlebih dahulu apa aja yang nantinya akan ditampilkan dalam form tersebut. Jika komponennya sudah kita dapatkan tinggal kita membuat desainnya seperti apa dan mencari elemen - elemen tersebut didalam desain editornya.

Baca Juga : Cara Menambah Ukuran Kertas F4 pada Printer

Elemen yang harus ditampilkan dalam form bukti bank keluar antara lain :


A. Bagian Header 


  1. Logo Perusahaan
  2. Nama dan Alamat Perusahaan
  3. Telpon dan Email Perusahaan jika ada

B. Bagian Bawah Header


  1. Nama Form Bukti Bank Keluar
  2. Nomer Urut Bukti
  3. Tanggal Pembuatan.
  4. Mata Uang
  5. Nilai Tukar
  6. Nama Bank / Kas
  7. Penerima
  8. Jumlah
  9. Nomer Cek / BG
  10. Catatan.

C. Bagian ISI.


  1. Nomer Perkiraan
  2. Keterangan/ Deskripsi
  3. Jumlah.

D. Bagian Footer.


  1. Pembuat Dokumen
  2. Persetujuan Transaksi
  3. Pembayaran
  4. Penerima Pembayaran

Berikut Cara Membuat Desain Bukti Bank Keluar di Accurate :


  • Anda harus log in sebagai administrator
  • Masuk ke menu Persiapan > Rancangan Formulir
  • Pada Kolom Rancangan pilih Pembayaran 
  • Jika ingin membuat ranangan baru klik buat Baru
  • Pilih rancangan > Isi nama rancangan > Pilih Type Rancangan > Pilih Model Rancangan
  • Klik OK untuk menyimpan rancangan.

Langkah selanjutnya mendesain formulir bukti bank keluar sesuai yang diinginkan.


Membuat Desain Bukti Bank Keluar

  • Buka Rancangan yang sudah dibuat tadi klik 2x
  • Centang komponen yang dibutuhkan disetiap menu.
  • Pada menu detail centang yang dibutuhkan dan atur urutannya berdasarkan nomer urut.
  • Selanjutnya Klik Desain, maka akan membuka jendela editor.
Cara Mendesain Bukti Bank Keluar

Editor Desain Bukti Bank Keluar


  • Setelah tampil seperti gambar diatas silahkan sobat klik bagian-bagian yang disesuaikan dengan desain yang kita inginkan. contohnya huruf nya, panjang dan lebar kolom dkk.

Begitulah cara membuat formulir bukti bank keluar di accurate, bagi yang membutuhkan formulir seperti gambar diatas bisa tinggalkan komen nanti saya akan kirimkan formatnya dan tinggal import aja.

Baca Juga : Setting Ukuran Kertas Faktur dan Surat Jalan di Accurate 4 atau 5




5 comments for "Cara Membuat Formulir Bukti Bank Keluar di Accurate"