Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal HP Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Cara Menggunakan Clean Master

Sahabatinet.com - Pernahkah sahabat Inet mengalami memori penyimpanan internal HP Penuh padahal aplikasi cuma sedikit? pastinya pengguna smartphone android sering mengalaminya. Bagi pengguna HP Android yang hanya memiliki memori internal 8GB pasti akan mengalami memori internal penuh karena disebabkan tidak mampu lagi untuk menyimpan data aplikasi yang semakin hari semakin bertambah yang disebabkan oleh aktivitas aplikasi itu sendiri.

Jika memori internal HP habis maka kinerja HP anda akan terganggu dan bisa - bisa HP menjadi hang, kalau sudah seperti itu terus menerus maka sobat harus menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan. Aplikasi yang tidak terpakai akan menjadi beban menghabiskan memori internal sebab, aplikasi android menggunakan memori internal dan tidak dapat dipindahkan ke memori card.

Kalau bisa membeli hp android pilihlah memori internalnya yang minim 16 GB lah supaya mampu menyimpan aplikasi dan data aplikasi, itupun memori internal segitu menurut saya masih kecil. Padahal harga hp android dari memori 8 GB, 16 GB dan 32 GB harga tidak begitu selisih terlalu jauh, jadi mending kalau punya uang lumayan belilah yang 32 GB supaya nyaman.

HP android untuk saat ini sangat penting karena dapat menunjang aktivitas sehari - hari kita, apalagi dengan adanya aplikasi - aplikasi chating seperti Whatsapp, Line, BBM dan masih banyak lagi. Dari banyaknya aplikasi chat tersebut yang paling banyak dipakai adalah Whatsapp karena kemudahan dan kecepatannya dalam mengirimkan pesan membuat nyaman dalam berinteraksi dengan lawan chat.

Untuk mengatasi hp android kehabisan memori internal sobat bisa gunakan cara dibawah ini :


  • Hapus aplikasi yang tidak berguna maka memori internal HP sobat akan semakin lonngar.
  • Pindahkan file foto dan video sobat ke memori external atau memori card.
  • Jangan bergabung banyak group Whatsapp, Telegram atau aplikasi chating lain karena group - group tersebut yang pastinya akan memakan banyak memori dari file - file share yang tersimpan di hp.
  • Jangan aktifkan penyimpanan cloud, kenapa harus dimatikan?karena pertukaran file ke cloud menyebabkan penggunaan memori file backup yang besar.
  • Selalu cek penggunaan data aplikasi seperti Browser, Facebook dan media sosial lainyya, jika dirasa tidak penting maka bersihkan data aplikasi.
  • Jika semua cara diatas sudah dilakukan tetapi tidak ada perubahan yang signifikan maka sobat perlu instal aplikasi Clean Master yang menurut saya ampuh untuk menganalisa penggunaan memori baik memori internal maupun external. Cara instalnya silahkan baca : Cara instal clean master.
  • Jika sudah terinstal silahkan lakukan clean menggunakan clean master secara mendalam supaya berkas - berkas besar terlihat.
  • Aplikasi yang memiliki berkas data besar adalah Whatsapp, Telegram, Line dan BBM karena aplikasi tersebut yang banyak digunakan.
  • Setelah clean tingkat lanjut maka berkas besar akan ditampilkan nomer pertama, sebelum menghapusnya silahkan di croscek terlebih dahulu apakah itu penting apa gak.
  • Jika dirasa tidak penting maka hapuslah file tersebut.

Begitulah tips yang bisa sahabatinet.com sampaikan semoga bermanfaat dan mampu mengatasi problem sobat semuanya.


Post a Comment for "Cara Mengatasi Penyimpanan Internal HP Penuh Padahal Aplikasi Sedikit"