Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Untuk Mengetahui Siapa Yang Menggunakan Wifi Kita

Sahabatinet.com - Cara mudah mengetahui orang yang menggunakan jaringan wifi kita, mungkin cara ini belum banyak orang yang memanfaatkannya untuk memantau jaringan wifi yang dimilikinya. Kebanyakan orang mencari cara bobol wifi menggunakan android, salah satu menjaga keamanan akses wifi yang kita miliki kita harus mengetahui siapa saja yang terhubung dengan jaringan wifi kita, jangan - jangan ada penyusup yang tidak kita ijinkan.
Wifi Scanner

Soalnya sekarang sudah banyak cara untuk membobol password wifi yang bertebaran di internet dan cara membobol wifi sudah banyak dilakukan oleh para pencari internet gratisan yang tidak mau modal membeli kuota internet. Walaupun kita sudah menerapkan password pada jaringan wifi kita bukan tidak mungkin orang tidak bisa membobolnya, maka dari itu perlu waspada dalam mengamankan jaringan wifi kita. sahabatinet.com

Salah satu cara untuk mengamankan jaringan wifi kita dari pengguna yang tidak kita inginkan yaitu dengan cara mendata siapa saja yang terhubung dengan jaringan wifi kita. Emang bisa mengetahui siapa saja yang memakai wifi kita? jawabannya bisa dan sangat bisa sekali. Terus bagaimana caranya?caranya sangat mudah dan simple sekali.

Untuk mengetahui siapa saja yang terhubung di jaringan wifi ada 2 cara yaitu :

  1. Menggunakan Komputer
  2. Menggunakan Smartphone

Kedua cara diatas sudah saya coba dan terapkan berhasil mengetahui daftar pengguna di jaringan wifi kita berdasarkan merk perangkat, ip perangkat dan Mac Adress perangkat. Jadi kita bisa menganalisa sendiri dan memastikan bahwa yang terhubung di jaringan wifi kita adalah sudah kita ijinkan.

A. Menggunakan Komputer

Untuk mengetahui pengguna wifi menggunakan komputer kita harus instal program khusus ip scanner di komputer kita atau program lain, tapi saya sarankan ip scanner soalnya sudah banyak sudah memperacayainya dan terbukti akurat.
  • Download IP Scanner di http://www.advanced-ip-scanner.com/id/
  • Ada dua cara instal yaitu versi Full atau versi portable silahkan pilih aja yang full
  • Setelah selesai instal akan otomatis terbuka seperti gambar dibawah ini :
Cara Memantau Jaringan Wifi Rumah

  • Untuk mengetahui siapa saja yang terhubung di jaringan wifi kita tinggal klik Pindai nanti semua perangkat yang tersambung akan ditampilkan semuanya seperti gambar diatas.
  • Jika kita menemukan perangkap yang tidak kita ijinkan terhubung di jaringan wifi kita tinggal kita block aja Mac Adressnya supaya tidak bisa terhubung.

Begitulah cara mengetahui pengguna wifi ilegal yang menggunakan wifi kita menggunakan komputer, gimana sangat mudah kan?.

B. Menggunakan Smartphone.

Untuk menggunakan smartphone ini ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan terserah sobat mau pakai yang mana sama aja, setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing.
  • Download aplikasi Network Scanner di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.myprog.netscan&hl=in
  • Instal aplikasinya dan buka maka akan tampil sperti gambar dibawah ini :
IP Scanner

  • Untuk mengetahui siapa saja yang terhubung dengan jaringan kita silahkan klik Scanning maka semua perangkat yang terhubung dengan wifi kita akan tampil seperti gambar diatas.
  • Setelah menemukan perangkat yang mencurigakan silahkan diblockir aja di settingan rooter modem wifi supaya tidak bisa lagi terhubung dengan jaringan kita.

Begitulah dua cara untuk mengetahui siapa saja yang terhubung dengan jaringan wifi kita, cara tersebut terbukti ampuh untuk mendata perangkat yang terhubung dengan jaringan wifi kita dan kita dapat mengawasinya dari gangguan pengguna ilegal.

Semoga tutorial diatas bermanfaat bagi anda dan apabila ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komen dibawah ini.


Post a Comment for "Cara Mudah Untuk Mengetahui Siapa Yang Menggunakan Wifi Kita"