Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperpanjang SIM diluar Wilayah Asal

Cara Mengurus SIM Di Luar Kota Secara Online, pada kesempatan kali ini admin pengen berbagi pengalaman mengurus SIM diluar wilayah atau kabupaten asal. Sekarang ini bagi yang bekerja diluar wilayahnya terutama di kota besar seperti surabaya yang memiliki SIM akan habis masa berlakunya janganlah bingung untuk pulang kampung memperpanjangnya, karena anda dapat mengurusnya di Surabaya.

Perpanjangan sim sekarang bisa dilakukan secara online dengan mendatangi tempat yang ditentukan oleh pihak kepolisian. Karena admin sedang bekerja di gresik dan daerah asal admin adalah blora jawa tengah.

Untuk memperpanjang sim gak mungkin saya harus balik ke blora hanya untuk memperpanjang sim saja. Setelah saya browsing mencari informasi pengurusan sim diluar wilayah atau luar kota ternyata dapat dilakukan di surabaya.

memperpanjang sim untuk luar kota
Di Surabaya ada dua tempat yang menyediakan pembuatan SIM luar kota yaitu di SIM Keliling Taman Bungkul dan Satpas Colombo.

Karena tadi saya menuju taman bungkul ternyata SIM kelilinya lagi gak datang dan ada kegiatan lain maka saya menuju ke Satpas Colombo yang jaraknya dari Taman Bungkus 7 KM an langsung saya meluncur kesana.

Untuk Satpas Colombo alamatnya di  Jl. Ikan Kerapu No.2-4, Perak Bar., Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur 60177 

Jam buka :
  • Senen s.d Kamis Jam 09.00 - 16.00
  • Jum'at dan sabtu buka jam 09.00 - 11.00.

Baik mengurus di taman bungkul anda harus datang lebih awal supaya gak ke habisan formulir, jika anda datang siang sekitar jam 9 an maka anda tidak akan kebagian formulir atau kuota nya sudah habis.

Jika sim keliling di Taman Bungkul habis anda bisa langsung datang ke satpas colombo karena disana tidak dibatasi kuota hanya dibatasi untuk hari senin s.d kamis maksimal pengambilan formulir jam 12 siang sedangkan hari jum'at dan sabtu hanya sampai jam 11 siang.

Tadi pengalaman saya datang ke satpas colombo dan sampai disana saya sudah melihat antrian panjang orang yang akan mengurus SIM entah itu membuat baru atau memperpanjang SIMnya.

Semua orang pada duduk dikursi antrian didepan gedung, saya kira itu orang antri dan ternyata orang menunggu dibukanya pendaftaran. Saya mencoba mencari tau dan berjalan jalan ke arah timur dan melihat pintu masuk pengambilan ID card masih ditutup.

Dan tepat jam 08.30 baru dibuka dan setiap perpanjang atau membuat sim baru didepan pintu masuk ada petugas yang akan memberikan ID Card.

Perlu anda ketahui bahwa masuk dalam area ujian dan perpanjang SIM anda tidak diperkenankan membawa jaket dan tas ransel, juga pengantar juga tidak diperkenankan untuk ikut masuk, yang boleh hanya yang bersangkutan saja.

Alur Dari Pengurusan Perpanjangan SIM di Satpas Colombo Seperti Dibawah Ini :

  1. Sebelum masuk ke petugas depan harap siapkan persyaratannya yaitu Surat Keterangan Sehat, Foto copy SIM dan KTP.
  2. Setelah mendapat ID Card tamu anda harus berjalan menuju loket pendaftaran sekitar 100 meter dari pintu depan dan mengambil antrian terlebih dahulu.
  3. Antri ke bagian Registrasi dan akan didata dan dikasih Formulir Isian data diri, jangan lupa persiapkan bolpoin karena bolpoin yang tersedia hanya 5 an, jika yang isi biodata banyak tentu akan jadi masalah.
  4. Setelah isi biodata silahkan duduk terlebih dahulu sambil menunggu panggilan dari customer service sesuai dengan nomer urut dan ditampilkan di Layar monitor didepan ruang tunggu.
  5. Setelah anda dipanggil dan didata maka langkah selanjutnya anda disuruh masuk ke ruang foto yang berada di sebelah samping kiri ruang pendataan, disana sudah ada petugas pengambil foto dan ruang tunggu, petugasnya ada 4 orang.
  6. Jika anda sudah difoto selanjutnya anda harus membayar biaya perpanjangan SIM ke Bank BRI didepan deket lapangan ujian praktek.
  7. Setelah anda membayar perpanjangan sebesar Rp. 75.000,- dan diberikan bukti bayar silahkan serahkan ke loket sebelah kiri BRI untuk cetak dan pengambilan SIM yang sudah jadi.
  8. Selesai anda bisa pulang dengan membawa SIM yang baru.

Dari proses awal masuk mengambil ID Card sampai dengan pengambilan SIM kira kira membutuhkan waktu sekitar 30 menit karena saya dapat nomer urut 01.

Tips dari saya supaya dapat nomer urut 01 atau 10 besar anda jangan ikut duduk dikursi depan ruang tunggu pintu masuk, tetapi anda berdiri aja didekat pintu masuk supaya pas tepat jam 08.30 dan petugas memberikan intruksi pendaftaran dibuka bisa langsung berlari menuju pintu masuk dan persiapkan syarat2nya dengan lengkap karena disitu akan diperiksa satu - satu.

Begitulah pengalaman saya mengurus perpanjangan SIM luar kota di Satpas Colombo, dan merupakan pengalaman pertama memperpanjang SIM di luar wilayah kabupaten blora. Jangan pakai calo urus sendiri aja karena prosesnya sangat mudah sekali seperti penjabaranku diatas.

Post a Comment for "Cara Memperpanjang SIM diluar Wilayah Asal"