Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencegah Hilangnya File Foto atau dokumen di HP Android

Sahabatinet.com - Tips kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam mengamankan file atau dokumen di HP Android supaya tidak hilang. Selama memakai HP Android, kebetulan merk HP yang saya pakai merk Xiaomi Redmi Note 4 MTK sudah 2 tahun HP ini menemani kegiatan sehari-hari saya. Mengabadikan setiap momen-momen penting yang saya lalui bersama keluarga kecil saya dan itu menjadikan history perjalan hidup saya.
cara aman menyimpan file foto secara online

Kita tidak akan tau sampai kapan Smartphone Android ini mampu bertahan karena yang namanya Electronik pasti memiliki masa pakai, terkadang masa pakai setiap perangkat beda-beda dan itu membuat kita harus berfikir supaya file-file kenangan tersebut suatu saat tidak hilang begitu aja setelah HP Rusak.

Saya sudah mengalami beberapa kerusakan HP dan alhamdulillah file-file didalamnya tidak ikut rusak. File tersebut tersimpan diberbagai media terutama file saya tersimpan disebuah cloud sehingga aman dan terjaga dari kerusakan permanen.

Tidak bisa kita bayangkan jika momen-momen penting yang pernah kita abadikan ternyata lenyap bersama HP Android kita, huh pasti sangat kecewa dan pingin guling-guling meratapi kenangan yang hilang. 
Nah untuk mencegah hal itu terjadi pada sahabatinet saya akan merekomendasikan cloud yang aman untuk menyimpan file tersebut secara otomatis 

Berikut Cloud atau penyimpanan secara Awan yang harus sobat miliki :

  1. Google Drive, yah aplikasi cloud besutan google ini menjadi aplikasi cloud paling banyak dipakai sebagai ruang penyimpanan yang aman dan tentunya memiliki kapasitas yang besar yaitu 15 GB secara gratis, tetapi kalau sobat ingin memperbesar kapasitasnya sobat bisa berlangganan sama google sehingga mampu menyimpan file yang lebih besar lagi. Silahkan kunjungi https://drive.google.com/drive/my-drive dari komputer sobat dan unduh aplikasinya instal di komputer sobat, supaya file-filenya juga dapat tersincronkan dengan komputer kita. 
    Dan silahkan sobat instal juga di HP Android sobat di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.docs&hl=in dan log in menggunakan akun gmail sobat. dan jangan lupa sincronkan dengan google foto, jika sudah tersambung maka seluruh foto maupun video akan teruploud di Drive sobat, sehingga sobat memiliki duplikat file dan kapanpun bisa kita buka entah itu lewat komputer atau HP.
  2. ONE DRIVE, Cloud yang satu ini sobat juga sudah tau yaitu cloud besutan raksasa software Microsoft yang tak diragukan lagi, siapa sih yang gak kenal microsoft pasti semua orang sudah tau dan biasa memakai OS Microsoft ini, karena hampir komputer seluruh dunia memakai OS buatan microsoft. One drive memberikan ruang yang lumayan sebesar 5 GB, tentu ruang segitu sudah cukup untuk menyimpan file foto ribuan dan file lainnya dan lebih enaknya lagi one drive terkoneksi dengan akun microsoft kita sehingga bisa dijadikan alternatif penyimpanan selain flasdisk. Untuk menggunakan Onedrive sobat diwajibkan memiliki akun microsoft dan bisa daftar di https://account.microsoft.com/account/onedrive dan lakukan pendaftaran dengan email sobat. setelah pendaftaran berhasil silahkan download versi Desktopnya untuk diinstal dikomputer sobat. Silahkan diunduh di link berikut https://onedrive.live.com/about/id-ID/download/ untuk versi androidnya bisa diunduh di Onedrive Android dan lakukan log in dengan akun microsoft yang sudah didaftarkan tadi. Dan langkah selanjutnya tinggal sincronkan file sobat yang ingin disimpan di Onedrive. 
  3. Mi Cloud, Untuk saat ini semua HP Android entah itu merk Xiaomi, Samsung, Oppo,Vivo, Sony, Apple dan sebagainya pasti sudah memiliki Cloud sendiri-sendiri karena cloud merupakan salah satu kunci untuk menjaga keamanan setiap smartphone kita. Karena saya menggunakan Redmi Note 4 maka saya akan membahas Mi Cloud, Sobat harus mengaktifkan cloud sobat, disamping untuk menjaga keaman HP sobat juga dapat dijadikan backup file penting di HP Android sobat mulai dari Kontak HP, File-file foto video dan lain sebagainya. Mi Cloud ini menyediakan ruang gratis sebesar 5 GB dan bisa ditingkatkan lagi sesuai kebutuhan akan tetapi kita diwajibkan berlangganan. Untuk mengaktifkan sobat bisa masuk dipengaturan di HP Sobat dan Pilih Akun Mi terus log in setelah itu masuk ke Mi Cloud sobat, Pilih Menyinkron item dan pilihlah menu Galeri dan jangan lupa aktifkan bagian “Otomatis Cadangkan”. Silahkan tentukan bagian yang ingin kamu sinkronkan misalnya kontak, galeri, atau pun lainnya sesuai yang kamu inginkan. 

  4. DROPBOX, Merupakan aplikasi cloud yang banyak juga dipkai sebagai media cloud akan tetapi dropbox tidak memberikan ruang yang leluasa dibandingkan kompetitornya diatas. Dropbox hanya memberikan ruang kosong sebesar 2GB saya rasa ruang segitu cukuplah untuk menyimpan file foto. Jika sobat tertarik Dropbox ini silahkan instal aplikasinya versi Desktop DISINI dan untuk versi androidnya bisa cari diplaystore atau DISINI. Silahkan sobat daftar dulu supaya dapat menikmati Cloud gratis dari Dropbox. 
Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan File Sampah di Android dengan Aplikasi Clean Master

Dan masih banyak media penyimpanan awan lainnya yang tidak bisa saya bahas semuanya, saya hanya merekomendasikan penyimpanan awan dari produk diatas karena sudah teruji kehandalannya.

Sekarang sobat tidak usah takut lagi apabila HP android sobat tidak berumur panjang sesuai yang diharapkan dan file-file yang ada di HP Android sobat akan terbackup secara otomatis di media penyimpanan awan tersebut.

Jika artikel ini bermanfaat untuk sobat semua jangan sungkan-sungkan untuk menshare ke temen atau saudara sobat supaya tidak ada lagi yang namanya HP Rusak file menjadi hilang, padahal file tersebut file penting momen-momen berharga selama ini.

Post a Comment for "Tips Mencegah Hilangnya File Foto atau dokumen di HP Android"