Thursday, August 16, 2018

Cara Mudah Untuk Mencegah Akun Facebook Dibobol Orang atau Hacker

Advertise 1

Advertise 2

Baca Juga


Maraknya phising atau web jebakan yang disebarkan oleh para hacker atau orang-orang jahat didunia maya membuat kita harus berhati-hati dalam menggunakan media sosial terutama facebook. Sudah banyak yang menjadi korban phising dari facebook dan juga sudah banyak juga yang kehilangan akun kesayangan mereka tanpa mereka sadari kalau mereka terkena hacker. Kebanyakan phising yang dipakai oleh hacker tersebut adalah dengan mengiming-imingi sebuah video atau berita viral dan para calon korban akan diarahkan kesebuah laman yang mirip dengan facebook, disitu calon korban disuruh log in kembali untuk melanjutkan jika ingin melihat berita atau video. Padahal laman yang dibuka tadi adalah web phising buatan para peretas itu sendiri, jika kita masukkan username dan password otomatis akan terekam didatabase mereka. Kalau kita gak menyadari hal tersebut maka lenyaplah akun kita, tapi kalau masih menyadari bisa cepat-cepat mengganti passwordnya. 

Sangat bahaya sekali apabila akun kesayangan kita sampai dipakai oleh hacker karena nanti pasti dipakai untuk melakukan kejahatan dunia maya. Hacker akan menguras seluruh informasi yang ada di akun kita dan akan dijadikan bahan untuk melakukan kejahatan. Kejahatan dunia maya sekarang ini marak sekali mulai dari penipuan online, iming-iming hadiah dan sebagainya, apabila kita lengah dan tidak sadar maka habislah uang kita disedot sama mereka.

Berikut Tips dari saya untuk menghindari akun Facebook kesayangan sobat digondol Hacker :

1. Sobat harus menerapkan securuty berlapis terutama di sisi log in bisa dengan cara masuk Setting atau Pengaturan terus klik Pengaturan Umum Akun maka akan terbuka jedela pengaturan akun, dibagian kontak tambahkan email dan nomer telepon lebih dari satu supaya kalau kita kena phising bisa log in dengan kontak lain yang sudah kita tambahkan tadi.

2. Masuk ke settingan Keamanan dan Info Log in, Dibagian ini sobat akan menemukan beberapa setting yang mungkin juga membuat sobat bingung harus setting yang mana nah saya akan jelaskan mulai dari yang pertama : 
  • Tempat Anda Log in adalah informasi dimana kita pernah melakukan log in dimana saja apabila sobat menemukan tempat log in yang mecurigakan sobat bisa hapus atau putuskan dari tempat log in itu. 
  • Log In, untuk bagian ini adalah tempat untuk mengubah password sobat kalau ingin dirubah dan sobat juga bisa setting log in dengan hanya klik photo profil sobat. 
  • Autentikasi Dua-Faktor, Nah bagian inilah yang menjadi salah satu setting keamanan Level Tinggi, kenapa saya katakan begitu karena walaupun si hacker sudah mengetahui username dan password kita dia tidak akan bisa log in kalau dia tidak tau 6 digit kode PIN yang dihasilkan oleh aplikasi Autentikasi Dua-Faktor yang kita pasang di HP Android kita yang sudah tersincronisasikan dengan akun facebook kita. 
Dibagian ini ada 3 setting keamanan dua faktor. 
  • Log in dengan kode dan kata sandi Anda yang dimaksud disini adalah ketika sobat log in dengan username dan password yang benar maka nanti akan ada pemberitahuan di HP Android sobat dari aplikasi facebook yang memberikan sebuah kode khusus 6 digit yang harus dimasukkan ke facebook check poin atau sobat klik YA di ponsel sobat untuk melanjutkan Log in sobat ditempat lain. Darisini aja sudah gak mungkin hacker bisa masuk kecuali dia juga mencuri ponsel sobat, tapi hal itu mustahil.
  • Masuk Yang Diotorisasi, Maksudnya kita kalau sebelumnya pernah log in ditempat lain atau komputer lain disitu akan terekap atau terekam di tempat mana sobat pernah log in dan sobat menyetujuinya untuk masuk, jadi bisa dipastikan yang masuk adalah sobat sendiri.
  • Kata Sandi Aplikasi, yaitu kata sandi khusus untuk masuk ke aplikasi-aplikasi khusus dengan menggunakan facebook jadi bukan kata sandi utama sobat yang dipakai, hal ini untuk mencegah si aplikasi merekam kata sandi sobat.
Menurut saya settingan dibagia tersebut sudah sangatlah aman dan terhindar dari phising dan hacker jahat soalnya Hacker sudah gak mau melanjutkan dan capek-capek membongkar security 2 Facktor yang sobat terapkan. Karena security 2 Facktor melibatkan 2 perangkat yang berbeda sedangkan hacker mustahil mendapatkan HP Android sobat, kalau bukan HP Sobat dicuri dan niat srius pengen masuk akun faceebok sobat.

Jika sobat masih merasa kurang aman sobat bisa terapkan settingan Keamanan Extra, 
  • Dapatkan peringatan tentang login tidak dikenal, dibagian ini hanya sifatnya pemberitahuan saja apabila ada pihak mengakses akun facebook sobat ditempat lain, maka pemberitahuan akan masuk disemua email yang sudah sobat tambahkan di bagian kontak.
  • Pilih 3 hingga 5 teman untuk dihubungi jika Anda tidak bisa masuk akun Anda, Nah yang bagian ini juga sangat penting, sobat juga wajib setting dibagian ini yaitu sobat harus mengundang dan menandai teman sobat yang sobat anggap saudara atau teman dekat supaya kalau akun sobat bener-bener gak bisa log in sobat bisa log in menggunakan akun teman sobat yang sudah terdaftar dan terferifikasi.
Begitulah trik cara mengamankan akun facebook yang sangat secur dan pastinya susah untuk dihacker orang yang tidak kita kenal maupun orang yang kita kenal, karena untuk log in saja mereka harus melewati Security 2 Facktor yang tertanam di HP Android sobat. Apabila HP Android sobat hilang sobat tetap bisa log in dengan menggunakan dengan menggunakan tahapan email yang terverifikasi.




EmoticonEmoticon