Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengalihkan Domain Lama Ke Domain Baru Di Blogspot

Sahabatinet.com - Kali ini akan membagikan cara mudah mengalihkan domain lama ke domain baru di blogspot, cara ini sudah saya praktekkan dan berhasil. Untuk itu bagi yang lagi mencari cara ini silahkan bisa mencoba diterapkan diblog sobat.

Cara ini juga terbilang mudah dilakukan oleh orang awam sekalipun tanpa harus jago coding, jadi siapa saja bisa melakukannya. Kenapa kok harus ada pengalihan segala? Yah yang namanya manusia pasti kadang merasa bosan dengan nama domain yang lama dan ingin menggantinya dengan yang baru.
Cara mengalihkan website lama ke website baru di blogspot

Atau yang awalnya menggunakan domain gratisan seperti sub domain blogspot atau wordpres dan memiliki traffic yang bagus tapi sobat tidak suka dengan nama itu dan berniat ingin membeli domain yang nama sesuai dengan keinginan sobat, maka jalan satu-satunya untuk mengatur supaya pengunjung blog lama dapat menemukan blog kita ya dengan cara mengalihkannya ke url blog baru.

Dengan cara tersebut diharapkan visitor yang loyal tetap menemukan blog sobat yang baru, jika sobat tidak melakukan pengalihan domain maka sobat akan kehilangan visitor loyal yang bisa berdampak penurunan page view blog sobat. Jadi jangan remehkan masalah ini soalnya membangun sebuah blog itu tidak mudah butuh kesabaran dan ketelatenan.

Apabila visitor sudah mulai tau dengan blog baru maka lambat laun di blog yang baru akan naik trafficnya dan akan kembali seperti semula. Traffic blog adalah aset yang sangat berharga bagi seorang blogger jadi sobat harus bener bener menjaganya supaya tidak berpaling ke lain hati.

Baca Juga : Cara Mengganti Domain TLD di Blogspot

Ada banyak alasan kenapa url domain dialihkan diantaranya :
  1. Penggantian nama domain
  2. Ada masalah dengan domain yang lama
  3. Untuk menarik visitor tetap kita yang menyimpan url blog kita.
  4. Agar blog kita tetap terindex oleh mesin penelusur.

Apapun alasannya mungkin dengan teknik dibawah ini semoga bisa membantu masalah yang sobat alami dan mampu mengembalikan pengunjung setia blog sobat. Teknik yang digunakan menggunakan teknik " 301 Redirect "

Sebenernya apa sih teknik 301 Redirect itu?

Teknik 301 redirect adalah pemberitahuan kepada mesin pencari bahwa halaman yang diminta sudah dialihkan ke alamat url yang baru, sehingga menyebabkan permalink yang lama akan diganti dengan permalink yang baru. Cara ini untuk meminimalisir kerugian peringkat SERP (Search Engine Result Pages) yang lebih fatal.

Tahapan - tahapan untuk mengalihkan domain lama ke domain baru di blogspot sebagai berikut :
  • Sobat login terlebih dahulu ke dasboard blog sobat yang lama.
  • Masuk ke menu Tema blog > Edit HTML
  • Pastekan kode dibawah ini tepat dibawah kode <head>

<script type='text/javascript'>
var d='<data:blog.url/>';
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
location.href = 'http://domain-baru-anda.blogspot.com' + window.location.pathname;
</script>

Note : Silahkan ganti http://domain-baru-anda.blogspot.com dengan domain baru sobat.

redirect link

  • Langkah selanjutnya Klik Simpan Template
  • Untuk proses redirect membutuhkan waktu penyesuaian jadi sobat sabar menunggu kurang lebih 15 menitan, kalau setelah 15 menit belum bisa silahkan cek kembali penempatan kodenya apakah sudah sesuai apa belum.
Begitulah tutorial mengenai cara mengalihkan domain lama ke domain baru di blogspot, jika informasi ini bermanfaat bagi sobat silahkan dishare supaya bermanfaat untuk orang banyak. Jika dalam penerapan sobat mengalami kendala silahkan tinggalkan komen dibawah.


Post a Comment for "Cara Mengalihkan Domain Lama Ke Domain Baru Di Blogspot"