Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Domain TLD di Blogspot

Sahabatinet.com - Cara mengganti domain blogspot dengan domain tld yang kita beli, cara ini sudah banyak dibahas oleh master - master SEO yang sudah banyak dibahas diblognya. Kali ini saya akan berbagai pengalaman saya saat mengganti domain gratisan blogspot dengan domain yang saya beli dari pihak penyedia domain.

Kenapa harus ganti domain segala ?padahal bisa memakai subdomain blogspot dan tentunya gratis. Salah satu yang mempengaruhi SEO diantaranya menggunakan domain beli sendiri dengan nama unik dan mampu membuat orang mudah menghafalnya.

Cara Mengganti Domain TLD
Banyak penyedia domain yang bisa kita pakai untuk membeli domain TLD tentunya masing penyedia domain memiliki perbedaan harga masing - masing. Bagi blogger pemula pasti bingun mencari penyedia domain soalnya ada banyak penyedia domain saat ini yang semuanya menawarkan banyak keunggulan.

sahabatinet jangan bingung saya refrensikan penyedia domain dan hosting yang sudah terpercaya dan sudah memiliki reputasi bagus. Karena setiap penyedia jasa memiliki kelebihan dan memiliki kekurangan, akan tetapi apakah kekurangan tersebut masih bisa ditoleransi atau tidak, semua tergantung pelayanan.

Semakin bagus pelayanan suatu penyedia jasa akan semakin bagus juga kepercayaan konsumen terhadapnya, jadi dalam strategi marketing pelayanan yang baik terhadap konsumen sangatlah penting untuk menjaga reputasi sebuah usaha.

Berikut penyedia jasa domain dan hosting yang saya sarankan dan mempunyai reputasi bagus berdasarkan wht.org :

  1. Niagahoster
  2. Ardetamedia
  3. Hostinger
  4. Nusantarahost
  5. Dewaweb
  6. Jogjahost
  7. Ziehost
  8. rumahweb
  9. Jagoan Hosting


Dari ketujuh penyedia jasa diatas sudah melewati serangkaian penilaian dan kepuasan pelanggan jadi sangat recommednded dijadikan rujukan.

Slain penyedia jasa diatas masih ada beberapa jasa hosting yang tak kalah bagusnya juga yaitu Jagoanhosting dan rumah web.

Kebetulan saya memakai kedua jasa diatas jadi untuk memberikan tutorial cara mengganti domain blogspot menjadi TLD. Untuk mengganti domain TLD dari masing - masing jasa semuanya memiliki kesamaan jadi tak jauh beda jasa satu dengan yang lainnya sehingga kalau sobat bisa mempelajarinya.

Berikut Cara mengganti domain blogspot menjadi domain TLD :


Settingan Di Blogspot.
  • Masuk ke menu setting > Dasar

cara mengganti domain TLD di Blogspot
  • Pilih Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda.


cara mengganti domain TLD di Blogspot
  • Isikan nama domain yang sudah sobat beli dikolom yang sudah disediakan. Klik SIMPAN


cara mengganti domain TLD di Blogspot
  • Setelah muncul kode yang saya beri kotak merah itu silahkan copas dan taruh di setiap settingan DNS Management pada penyedia domain yang sobat beli.

Sebagai contoh saya menggunakan dua Jasa dari Rumah web dan jagoan hosting dan tata caranya bisa disimak dibawah ini :


1. Rumah Web

  • Silahkan log in Client area di situs rumahweb.com
  • Pilih List Domain Saya.
cara mengatur domain tld di blogspot
  • Jika sudah terbuka klik DNS MANAGEMENT.
Cara Setting DNS Management
Setting Domain TLD di blogspot

  • Setelah terbuka seperti gambar diatas silahkan klik Setting Blogspot maka akan muncul settingan seperti gambar diatas.
  • Untuk menambahkan CNAME silahkan klik Add New Record maka akan membuka sebuah dialog dan masukkan CNAME dan Destination yang kita dapat dari settingan domain blogspot.
2. Jagoan Hosting.

  • Log in ke client area di https://member.jagoanhosting.com/clientarea.php?action=domains
  • Masuk ke My Domain
Mengganti domain tld di jagoan hosting
  • Pilih Setting Blogspot > Pilih Domain yang mau disetting ke blogspot dan klik NEXT maka akan terbuka menu seperti gambar dibawah ini.
Setting Domain TLD di jagoan hosting

Setting Domain TLD di jagoan hosting
  • Setelah terbuka jendela seperti gambar diatas silahkan copas code yang sobat dapatkan dari blogspot dikolom yang sudah ditentukan dan klik SIMPAN jika sobat sudah merasa yakin dan tunggu prosesnya sampai berhasil.


Menurut pengalaman saya settingan dari kedua jasa diatas yang paling cepet koneknya menggunakan jasa jagoan hosting. Untuk penyedia jasa lain saya belum pernah mencobanya akan tetapi tata caranya hampir sama jadi sobat tidak usah bingung.

Sekian dulu tutorial yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk sobat yang baru terjun ke dunia blogger. jika mengalami kesulitan dalam hal setting domain TLD silahkan tinggalkan komentar dibawah.



1 comment for "Cara Mengganti Domain TLD di Blogspot"