Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Link File Dokumen Di Google Drive

Cara Menyimpan File Di google drive

Sahabatinet.com - Cara Mendapatkan Link File Dokumen Di Google Drive, Google drive merupakan tempat untuk menyimpan file dokumen kita yang aman dan tentunya gratis. Setiap pengguna akun google secara otomatis akan memiliki akun google drive dan dapat digunakannya secara bebas. Menyimpan file dokumen di google drive memudahkan kita untuk membuka file dimana aja tanpa perlu membawa flashdisk asalkan kita terkoneksi dengan internet.

Google drive memberikan space sebesar 15 GB gratis bagi penggunanya per akun, jika ruang sebesar 15 GB dirasa kurang cukup maka google drive menyediakan ruang tambahan yang bisa dapatkan dengan berlangganan.

Berikut paket langganan storage tambahan yang dapat dipilih :


  1. 100 GB dengan biaya berlangganan Rp. 26.900,-/ Bulan
  2. 1.000 GB / 1 Terabyte dengan biaya berlangganan Rp. 135.000,-/Bulan.

Menurut saya dengan harga berlangganan diatas untuk menyimpan file dokumen penting anda sangatlah efektif, karena kita tidak akan kawatir akan kehilangan data penting. Google memberikan jaminan keamanan data kita, data tersimpan di server google.

Untuk penggunaan pribadi saya rasa ruang storage 15 GB sudah sangatlah cukup buat menyimpan data penting kita. Bisa digunakan untuk menyimpan file - file foto keluarga ataupun video momen yang penting dikeluarga kita supaya aman. Kadang kala penyimpanan di komputer atau memori kita bisa rusak tanpa kita sadari alhasil data penting kita hilang.

Maka dari itu untuk berjaga - jaga manfaatkanlah penyimpanan online yang disediakan oleh google drive, supaya kita tidak kawatir akan kehilangan data penting.

Baca Juga : Membuat Presentasi Secara Online Dengan Google Docs

Google drive juga memberikan kemudahan kita untuk bertukar file dengan mudah, anda hanya perlu membagikan file dokumen dalam bentuk link saja tanpa anda harus mengirim file aslinya, gimana mudah kan?, tidak bisa kita bayangkan jika file yang anda kirim ukurannya besar pasti membutuhkan waktu yang lama untuk mengirimnya jika koneksi internet lambat.

Beda cerita lagi kalau kita hanya mengirim linknya saja sedangkan pihak penerima yang melakukan download file aslinya, jadi akan memudahkan kita dalam bertukar file secara online tanpa harus mengirim file aslinya.

Terkadang cara mengirim file menggunakan google drive ini belum banyak orang mengetahuinya, hanya orang - orng tertentu saja yang paham menggunakannya maka dari itu shabatinet.com akan memberikan penjelasan dan tutorial cara menggunakan google drive sebagai media penyimpanan online yang harus kita manfaatkan.

Cara menyimpan file di google drive ada dua cara antara lain :


  1. Dengan menggunakan browser.
  2. Langsung menyimpan di folder google drive yang ada di Komputer yang sebelumnya sudah menginstal aplikasi google drive.


A. Cara Uploud File Dokumen Ke Google Drive Melalui Browser :



  • Saya harap anda sudah memiliki akun google, jika sudah silahkan kunjungi https://www.google.com/drive/
  • Klik Kunjungi google drive / Go to google drive maka akan diarahkan ke drive anda
  • Untuk menguploud file pilih Drive Saya.
cara uploud file di google drive

  • Untuk menguploud file ada dua cara seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas yaitu uploud file secara mandiri tanpa folder dan uploud file bersama foldernya sekalian.
  • Tunggu proses uploudnya dan lama tidaknya uploud file di google drive tergantung besar kecilnya ukuran file dan kecepatan internet anda, kalau kecepatan internetnya tinggi ya prosesnya akan cepat.


B. Cara Menyimpan File Dokumen ke Google Drive di komputer :



  • Instal terlebih dahulu google drive versi dekstop download di https://www.google.com/drive/download/
  • Jika sudah terinstal log in dengan akun google anda. maka akan terdapat folder baru dikomputer kita bernama Google Drive
  • Untuk cara menyimpan file kita hanya Save As ke Folder Google Drive yang ada dikomputer kita, nanti otomatis akan teruploud ke drive online, jadi tidak perlu uploud melalui browser lagi.
  • Selesai

Dari kedua cara diatas bisa kita pakai sesuai dengan situasi dan kondisi yaitu jika kita memakai cara pertama kalau kita tidak berada didepan komputer pribadi kita sedangkan untuk cara yang kedua jika kita memakai komputer pribadi sehingga memiliki doble save dikomputer dan di google drive.

Baca Juga : Cara Menyimpan Kontak Telepon Ke Gmail

C. Cara Menyimpan File ke Google Drive di Smartphone


Untuk melindungi dan mengamankan file foto maupun video atau file lainnya yang tersimpan di HP kita maka perlu memanfaatkan google drive sebagai memori cadangan di HP kita. Kebanyakan kasus menyimpan file di HP dan kartu SD masih kurang aman terhadap kerusakan, jadi kita perlu membackup menggunakan drive online menggunakan google drive, supaya file file kita aman terhadap kerusakan perangkat. www.sahabatinet.com

Cara mengembalikan file yang tersimpan digoogle drive ke HP kita sangatlah mudah kita hanya perlu login kembali ke google drive menggunakan akun google yang sudah kita buat. Maka dari itu jangan sampai lupa akun google kita supaya kalau terjadi sesuatu dengan perangkat smarphone anda bisa dikembalikan lagi filenya.

Secara otomatis setelah login menggunakan akun google drive yang kita punya maka semua file akan tersinkron lagi ke HP Smartphone kita dan file - file akan kembali lagi seperti semula, gimana sangat mudah dan aman kan? segeralah manfaatkan google drive untuk melindungi data penting di HP anda.

Disamping itu google drive yang ada di HP kita juga bisa membuka file file yang kita simpan dari komputer, jadi antara cloud, komputer dan smartphone dapat membuka file yang sama.

D. Cara Mendapatkan Link Di Google Drive


Untuk mendapatkan link file kita di google drive sangatlah mudah ikutilah langkah - langkah dibawah ini :


  • Masuk ke google drive anda di browser maupun komputer terus klik kanan pada file yang akan kita share dan pilih Dapatkan Link yang akan kita bagikan
Cara Berbagi File menggunakan Google Drive



  • Setelah mendapatkan linknya tinggal kita bagikan kepada orang orang yang kita kehendaki, tanpa kita mengirim file asli yang mungkin size nya besar.
  • Untuk membagikan langsung juga bisa memanfaatkan fitur bagikan seperti gambar diatas.

Begitulah cara mendapatkan link file di google drive, gimana mudah bukan? cara ini mempermudah kita dalam berbagi file yang berukuran besar atau kecil tanpa harus mengirim file aslinya. Jika dirasa artikel ini bermanfaat untuk anda silahkan disebarluaskan supaya bermanfaat untuk orang banyak dan jika ada yang perlu ditanyakan bisa tinggalkan komen dibawah ini. www.sahabatinet.com





Post a Comment for "Cara Mendapatkan Link File Dokumen Di Google Drive"