Cara Mengatasi Hasil Print bergaris atau Putus - Putus
Cara Mengatasi Hasil Print bergaris atau Putus - Putus

Cara Mengatasi Hasil Print bergaris atau Putus - Putus

Sahabatinet.com - Kali ini saya akan membagikan tips cara memperbaiki hasil cetak printer yang bergaris atau putus - putus yang tentunya membuat kita jengkel disaat lagi butuh dokumen penting yang akan dicetak. Dan saya sendiri sering mengalami hal itu mungkin karena kurangnya perawatan pada printer yang saya gunakan.

Ingat ya? gak hanya wanita aja yang butuh perawatan dan kasih sayang, printerpun juga butuh perawatan yang sesuai supaya dapat bekerja dan berjalan seperti biasanya. Printer bagai seorang pekerja kantoran atau anak kuliahan sangatlah penting karena hampir setiap hari membutuhkan printer untuk mencetak dokumen. www.sahabatinet.com

Printer harus bisa mencetak hasil yang sempurna tanpa adanya cacat sedikitpun gak enak kalau dokumen yang kita cetak ada garis - garisnya apalagi itu dokumen penting. Sebenernya penyebab dari hasil cetak printer kurang bagus bisa disebabkan banyak faktor diantaranya usia printer itu sendiri, kualitas tinta yang digunakan dan debu - debu yang masuk dalam printer.
Cara Mengatasi Hasil Print Putus putus

1. Usia Printer


Semakin lama usia printer juga membuat kemampuan printer akan menurun tentunya komponen yang terkena dampak yang sering adalah cartridge itu sendiri. Cartridge adalah bagian paling penting dari printer itu sendiri maka dari itu jika perawatannya kurang bagus maka cartridge akan gampang rusak. Untuk itu pilihlah cartridge yang original untuk mengganti komponen ini supaya gak gampang rusak.

Baca Juga : Cara Merubah Font Printer Dot Matrix Epson LX 300 / LX 310

2. Kualitas Tinta Printer


Selain masalah usia catridge printer, pemilihan tinta yang bagus juga salah satu faktor yang penting supaya catridge printer tidak gampang rusak. Salah dalam memilih tinta printer maka dampaknya cartridge akan gampang rusak dan harus diganti maka akan mengeluarkan biaya lebih lagi. Tau kan harga catridge itu hampir sama dengan beli printer baru terutama merk epson.

Tinta printer yang kurang bagus akan menyebabkan mengeras dan menutup lubang keluarnya tinta, saya sudah mengalami hal tersebut bahkan diselang infus bisa mengeras. Kalau anda pengen printer awet silahkan gunakan tinta original akan tetapi harganya lebih mahal dari harga tinta biasa.

3. Debu yang Masuk Dalam Printer


Masalah selanjutnya yaitu debu yang masuk ke dalam printer, tau sendiri kan debu itu bisa masuk ke sela - sela paling kecil dalam printer, jika anda tidak rajin membersihkan printer dari debu maka debu itu akan mengendap dan mengganggu kinerja printer. Dan debu juga bisa masuk ke dalam kepala catridge dan membuat catridge tersumbat sehingga keluarnya tinta tidak optimal.

Untuk mengatasi debu yang bisa mengganggu head catridge printer anda harus bersihkan paling gak seminggu sekali dengan tisu lembut pada bagian head catridge supaya tidak mengendap. Bersihkan juga bekas tinta yang keluar di bodi printer supaya debu tidak menumpuk. Sebersih apapun kantor atau rumah anda debu pasti ada dan menjadi biang kerok terhadap benda - benda elektronik anda.

Jika tips diatas sudah anda lakukan untuk printer kesayangan anda maka langkah selanjutnya untuk mengatasi hasil print putus - putus anda bisa melakukan pembersihan atau head cleaning printer yang sudah disediakan oleh program printer itu sendiri.

Baca Juga : Cara Menambah Ukuran Kertas Di Printer Dot Matrix Epson LX-310

Berikut cara melakukan head cleaning printer canon atau epson supaya hasil print tidak putus putus :



  • Masuk ke Control Panel atau Klik Start dan pilih Devices and Printer
  • Pilih printer kalau anda memiliki lebih dari satu printer yang akan di head cleaning.
  • Klik kanan pada printer dan pilih Printer Properties.
Head Cleaning Printer Canon

  • Setelah tampil kotak dialog properties silahkan pilih Maintenance dan akan ada dua pilihan yaitu Cleaning dan Deep Cleaning.
cara mengatasi hasil cetak print putus putus
  • Untuk tahap awal silahkan anda pilih Cleaning terlebih dahulu jika Cleaning tetap tidak berhasil maka silahkan pilih Deep Cleaning. Setelah pilih Cleaning maka akan muncul dialog  warna mana yang akan di Cleaning dan ada tiga pilihan, pilih sesuai kebutuhan aja. Klik Execute
Pilihan cleaning warna printer
  • Dan tunggu proses cleaning sampai selesai, pada proses ini anda dilarang menggunakan printer anda.
  • Setelah proses cleaning selesai anda akan diberi pilihan untuk mencetak hasil cleaning atau tidak. silahkan klik Print aja untuk melihat hasil cleaning.
  • Dari hasil cetak tersebut silahkan samakan pada gambar yang tampil jika hasil cetak sama dengan gambar yang sebelah kiri maka Cleaning anda berhasil dan jika ternyata seperti gambar yang kanan ada yang bolong - bolong dan bergaris maka anda harus mengulanginya lagi.
Hasil Cleaning Printer

Jika anda sudah melakukan dengan Metode Cleaning berkali kali dan tidak berhasil maka anda gunakan cara kedua yaitu Deep Cleaning. Untuk cara kedua ini prosesnya lebih mendalam cleaningnya 2 kali dari proses cleaning maka tinta yang keluar dari pembuangan juga akan semakin banyak.

Jika anda sudah melakukan dua metode diatas dan tidak berhasil masil hasil print kurang bagus mungkin masalahnya ada pada catridge itu sendiri yang perlu diganti. Kalau anda tidak mampu membeli catridge yang original alternatif lain bisa membeli catridge original kosongan yang harganya relatif murah.

Begitulah cara mengatasi hasil cetak printer yang putus putus pada printer canon IP2770 jika tutorial ini dapat membantu mengatasi masalah anda silahkan di share supaya dapat bermanfaat untuk orang banyak.



Baca juga Artikel Lainnya :

Your Reactions:


Jika dirasa artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi terhadap kesulitan anda, silahkan dibagikan kepada temen - temen supaya dapat membantu orang lain juga. Jika anda ingin menjadikan refrensi di blog sobat jangan lupa sertakan link sumber www.sahabatinet.com untuk menghargai dari karya sahabat inet. Terima kasih

Buka Komentar
Tekan Enter Untuk Mencarinya