Perlu Anda Tau Perbedaan Ukuran Kertas Folio, Quarto, A4, F4 dan Letter
Perlu Anda Tau Perbedaan Ukuran Kertas Folio, Quarto, A4, F4 dan Letter

Perlu Anda Tau Perbedaan Ukuran Kertas Folio, Quarto, A4, F4 dan Letter

Sahabatinet.com - Bagi anda yang bekerja di jasa foto copy tentunya sudah mengenali jenis - jenis kertas beserta ukurannya, tetapi bagi orang awam pastinya belum tau apa saja jenis kertas dan ukurannya yang biasa dipakai untuk mencetak segala macam kebutuhan.

Di indonesia kita mengenal banyak sekali ukuran dan jenis kertas dan yang sering kita dengar sehari - hari adalah kertas folio, quarto, A4, F4 dan Letter. Kertas kertas tersebut memang dibutuhkan dalam kegiatan perkantoran atau percetakan pada umumnya sehingga jenis kertas tersebut tidak asing buat kita.
Perbedaan Ukuran Kertas Folio, Quarto, A4, F4 dan Letter

Ada banyak jenis kertas dan ukurannya tergantung kegunaannya mau dipakai untuk apa dulu, kalau hanya untuk mencetak dokumen standart saja yang sering dipakai adalah jenis kertas A4, F4, Folio atau Quarto, sedangkan jenis diluar itu biasanya digunakan untuk mencetak banner, poster dan media lain yang memiliki ukuran lebih kecil atau lebih besar dari kertas yang saya sebutkan diatas.

Baca Juga : Jenis Kertas dan Ukuran Untuk Cetak Nota atau Surat Jalan

Jenis - Jenis Kertas dan Kegunaannya Dalam Kehidupan Sehari - hari :


1. HVS


Kertas jenis HVS ini biasanya bertekstur halus, putih, serta tipis dengan ketebalan mulai dari 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Namun yang beredar di masyarakat kebanyakan yang 70 gsm dan 80 gsm karena kertas tersebut sudah umum dipakai di masyarakat untuk ukuran lain jarang dipakai jadinya kuantitasnya lebih sedikit. Jenis kertas HVS ini sering kita jumpai dalam keperluan atau digunakan untuk mencetak dokumen oleh perkantoran. sekolah sebagai laporan kerja, tugas sekolah, makalah, cetak skripsi, serta digunakan untuk mencetak buku.

2. Buffalo.


Kertas jenis Buffalo ini permukaannya halus, licin dan memiliki tekstur seperti guratan kayu. Kertas buffalo ini biasanya lebih tebal dari kertas HVS dan digunakan untuk cover jilid, kertas undangan, untuk menggambar, membuat mading dikelas dan membuat tulisan spanduk. Jenis kertas bufalo ini memiliki kombinasi warna yang berbeda jadi kalau kita ingin membuat mading bisa mencari warna yang kita sukai.

3. Art Paper


Jenis kertas Art Paper ini memiliki ciri - ciri halus, putih, licin serta mengkilap dengan ketebalan sedikit tipis yaitu 120 gsm dan 150 gsm. Kertas jenis ini sering digunakan untuk mencetak brosur, poster, bagian sisi majalah, profil perusahaan, dan isi buku yang membutuhkan gambar yang lebih detail. Jenis kertas Art paper ini memang terkesan lebih lux dan ditambah lagi laminasi glossy atau dov.

4. Art Carton.


Jenis kertas Art Carton ini biasanya bertekstur halus, putih, licin, mengkilap, dan tebal. Ketebalan kertas art carton ini mulai dari 190 gsm, 230 gsm, 260, gsm, dan 310 gsm. Kertas art carton ini biasanya digunakan untuk mencetak kartu nama, cover buku, cover majalah, company profile, poster, sertifikat, kotak produk atau box produk, undangan dan masih banyak lagi kegunaannya.

5. Book Paper.


Jenis kertas Book Paper ini memiliki ciri - ciri sedikit kasar cenderung halus, kekuningan, ringan dan tipis. Ketebalan kertas book paper ini mulai 55 gsm, 70 gsm, dan 90 gsm. Kertas jenis book paper ini kegunaannya khusus untuk mencetak buku yang hanya teks saja, karena untuk gambar kurang menghasilkan warna yang bagus dan tajam. Warna kertas book paper ini cenderung kekuningan dan kertas ini diciptakan agar membuat mata kita selalu nyaman membaca dalam waktu yang lama.

Baca Juga : Cara Menambah Ukuran Kertas F4 Pada Printer

6. Karton BW


Jenis kertas Karton BW ini memiliki ciri - ciri tekstur halus, putih dengan ketebalannya 240 gsm. Kertas karton BW ini biasanya digunakan untuk mencetak sertifikat, kartu iuran bulanan, Map, undangan, kartu stock dan lainnya.

7. Jasmine


Jenis kertas Jasmine memiliki ciri - ciri tekstur halus, licin, mengkilap, dan ada partikel emas dipermukaan kertas. Kertas jasmine ini biasanya digunakan untuk mencetak undangan dan kartu ucapan dan kertas jasmine ini memiliki banyak varian warna yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan.

8. Concorde


Jenis kertas Concorde memiliki ciri - ciri tekstur kasar sedikit halus, dan memiliki permukaan timbul seperti membentuk garis. Kertas jenis concorde ini biasanya dipakai untuk mencetak sertifikat, proposal, surat penting dan lainnya. Kertas jenis concorde ini juga memiliki banyak varian warna yang soft.

9. NCR


Jenis kertas NCR ini memiliki ciri - ciri tekstur halus, tipis dan memiliki partikel karbon. Kertas jeis NCR ini biasanya digunakan untuk membuat nota, bon, struk, faktur, surat jalan dan sebagainya. Kertas jenis NCR ini biasanya memiliki rangkap jadi jika kita menulis dihalaman pertama maka akan tembus sampai rangkap terakhir karena ada partikel karbon dalam kertas tersebut.

10. Stiker Cromo


Jenis kertas stiker cromo ini memiliki ciri - ciri licin, halus, mengkilap dan memiliki lapisan lem pada bagian permukaan belakang. Kertas jenis stiker cromo biasanyan digunakan untuk media promosi yang ditempel pada tempat - tempat tertentu.

Nah itulah 10 jenis kertas yang sering kita jumpai setiap hari, sedangkan untuk ukuran sendiri sangat bervariasi. Dari daftar diatas kita dapat menyimpulkan bahwa ada banyak jenis kertas sesuai dengan kebutuhan kita.

Selanjutnya saya ingin membagikan informasi mengenai ukuran kertas yang biasa kita pakai dalam kegiatan sehari - hari.

Baca Juga : Cara Menambah Ukuran Kertas Di Printer Dot Matrix Epson LX-310

Berikut Perbedaan Ukuran Kertas Yang perlu kita tau :


1. Ukuran Kertas Folio atau F4

  • Ukuran kertas Folio atau F4 adalah 21,60 cm x 33 Cm atau kalau dalam inch 8,5inch x 13 inch.

2. Ukuran Kertas Quarto

  • Ukuran kertas Quarto adalah 21,6 CM X 27,5 CM atau dalam inch, 8,5 inch X 10,8 inch.
  • Ukuran kertas quarto merupakan ukuran yang ada di inggris dan di indonesia.
  • Kertas Quarto ini sangat sulit didapatkan karena jarang banget dibutuhkan orang.

3. Ukuran Kertas A4.

  • Ukuran kertas A4 adalah 21,0 CM X 29,7 CM atau  dalam inch , 8,3 inch X 11,7 inch.

4. Ukuran Kertas Letter

  • Ukuran kertas Legal adalah 21,6 cm x 35,6 cm atau dalam inch 8,5 inch x 14 inch.

5. Ukuran Kertas Legal.

  • Ukuran kertas Legal adalah 21,6 cm x 35,6 cm atau dalam inch 8,5 inch x 14 inch.
  • Ukuran kertas legal ini merupakan ukuran kertas yang ada di Amerika, dan di indonesia ukuran kertas legal tidak ada.

Begitulah jenis jenis kertas dan ukuran kertas yang perlu kita ketahui bersama supaya tidak salah dalam menentukan kertas untuk mencetak. Dan sebenarnya masih banyak jenis - jenis kertas beserta ukuran kertas yang kita jumpai sehari hari untuk mencetak dokumen.

Baca juga Artikel Lainnya :

Your Reactions:


Jika dirasa artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi terhadap kesulitan anda, silahkan dibagikan kepada temen - temen supaya dapat membantu orang lain juga. Jika anda ingin menjadikan refrensi di blog sobat jangan lupa sertakan link sumber www.sahabatinet.com untuk menghargai dari karya sahabat inet. Terima kasih

Buka Komentar
Tekan Enter Untuk Mencarinya