Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengurangi Radiasi Dari Cahaya Layar Komputer atau Laptop

Sahabatinet.com - Jika anda yang setiap hari berhubungan dengan komputer atau laptop anda perlu waspada dan mencegah terjadinya radiasi pancaran cahaya dari layar monitor laptop maupun komputer. Tidak hanya pancaran cahaya monitor saja yang bisa menimbulkan effek negatif ternyata laptop juga bisa memancarkan radiasi lain yang bisa mengganggu kesehatan kita.

Sebagai seorang karyawan kantoran atau anak kuliahan atau bisnis yang bergerak dibidang online tentunya anda tidak akan bisa jauh dari yang namanya laptop atau komputer. Sebenernya kalau anda menggunakan laptop tersebut sesuai dengan prosedur yang benar maka anda tidak akan kena radiasi secara langsung.

Cara Mengurangi Radiasi Dari Cahaya Layar Komputer atau Laptop

Jika anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama dalam satu hari maka anda perlu mentaati bagaimana cara menggunakan laptop yang benar. Ini penting untuk dipraktekkan supaya anda tidak terkena radiasi laptop secara langsung.

Terus bagaimana cara menggunakan laptop yang benar?


Berikut cara menggunakan laptop yang benar supaya terhindar dari radiasi laptop :

  1. Jangan sering - sering menggunakan laptop dalam pangkuan anda karena efek panas prosesor dan radiasi dari komponen bisa mengganggu kesehatan reproduksi anda.
  2. Jangan menggunakan laptop sambil tidur atau bobokan, karena ini juga berbahaya.
  3. Buatlah meja laptop yang nyaman dan beri jarak antara laptop dengan anda.
  4. Kurangi cahaya layar laptop supaya tidak merusak mata anda apalagi dimalam hari.
  5. Gunakan pencahayaan ruangan yang seimbang dengan cahaya laptop.

Selama anda menggunakan laptop dengan benar insallah anda akan terhindar dari radiasi yang bisa mempengaruhi kesehatan anda. Namun pada sisi lain kegunaan atau fungsi laptop sangat banyak, apalagi didunia modern saat ini 

Beberapa Fungsi Laptop dengan fitur portabilitas dan mobilitasnya antara lain :

  1. Fungsi Produktivitas, dimana fungsi ini tidak dapat diperoleh dari komputer biasa. Maka dengan adanya laptop ini anda akan dimudahkan dalam mengerjakan pekerjaan anda dimanapun anda berada, entah itu dalam perjalanan, ditempat nongkrong, atau di taman, sehinggan produktivitas pekerjaan anda dapat dipertahankan.
  2. Informasi yang anda dapatkan akan selalu update karena anda bisa dengan mudah mengakses data bisnis anda dimanapun, dimana dengan fungsi laptop tersebut anda dapat bertukar informasi dengan mudah.
  3. Ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan komputer atau PC, sehingga memudahkan anda untuk membawanya kemanapun. Hemat energi karena daya yang dibutuhkan lebih kecil dibandingkan komputer. Dan yang paling spesial yaitu laptop bisa dinyalakan tanpa harus terkoneksi dengan sumber listrik langsung karena laptop memiliki battery seperti hp.
  4. Dirancang seperti komputer yang memiliki program yang sama dengan komputer dan memiliki keyboard, layar, speacker dan mouse yang menyatu dengan bodi laptop.


Dari fungsi diatas maka laptop saat ini memiliki peran sangat penting dalam dunia bisnis sehingga laptop seakan - akan keberadaannya tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas kita sehari - hari.

Maka dari itulah tidak mungkin kita menjauhi bahkan menghentikan penggunaan komputer maupun laptop meskipun memancarkan radiasi tersebut. Yang bisa kita lakukan adalah mencari cara bagaimana agar radiasi dari laptop atau komputer berkurang terhadap kesehatan kita . 

Bagaimanakah caranya mengurangi radiasi laptop?


Berikut ada 10 cara untuk mengurangi radiasi laptop atau komputer yang bisa anda terapkan :

  1. Pertama anda harus memasang filter pada layar monitor anda. Alat ini sudah banyak dijual toko komputer atau anda bisa membelinya secara online.
  2. Pilihlah monitor jenis LCD atau LED. Untuk saat layar komputer tabung sudah tidak digunakan lagi dan berali ke LCD atau LED
  3. Jaga jarak pandang saat menggunakan laptop atau komputer antara 50 cm an dan jangan terlalu deket.
  4. Selain jaga jarak, jangan lupa juga untuk memperhatikan posisi anatar layar dengan pandangan anda. Dianjurkan layar dan pandangan anda sejajar supaya ada kenyamanan dan tidak cepat lelah mata anda.
  5. Cara selanjutnya yaitu mengatur screen refresh rate menjadi 75 htz.
  6. Kalau anda masih sensitif dengan cahaya layar monitor anda bisa menggunakan kaca mata khusus yang bisa mengurangi pancaran cahaya ke mata anda.
  7. Usahakan istirahat jika anda terlalu lama menantap monitor laptop atau komputer untuk mencegah mata cepat lelah dan gunakan untuk memandang obyek lain, kalau bisa yang bening bening seperti cewek cantik atau pepohonan.
  8. Jagalah pola makan terutama asupan fitamin yang bisa menjaga kesehatan mata anda, seperti sayur - sayuran wortel dkk dan jangan lupa perbanyak minum air putih karena anda kerja duduk terus.
  9. Hindari penggunaan wireless, hotspot, modem yang terlalu lama karena memiliki radiasi sinyal seperti menggunakan HP
  10. Jangan menggunakan laptop ditaruh diatas paha sambil dices karena gelombang elektromagnetik dapat mengganggu kesehatan reproduksi anda.


Begitulah tips dari saya untuk menjaga kesehatan mata anda dari paparasan radiasi dari laptop anda, dengan menerapkan cara - cara diatas insallah bisa mengurangi radiasi karena kita tidak bisa lepas dari benda elektronik. 

Setiap hari kita membutuhkan laptop karena bisa menunjang kegiatan kita jadi gunakanlah laptop dengan bijak dan jangan berlebihan.

Post a Comment for "Cara Mengurangi Radiasi Dari Cahaya Layar Komputer atau Laptop"