Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Copy Right Otomatis Ketika Ganti Tahun

Cara Membuat Copy Right Otomatis Ketika Ganti Tahun

Sahabatinet.com - Kali ini saya akan membagikan sebuah cara membuat copy right yang otomatis ketika ganti tahun. Ketika kita membeli template blog atau website kadang kala ada yang tidak memasang copy right secara otomatis berganti jika tahun berganti, supaya update maka harus menggantinya secara manual. Tentunya mengganti secara manual rasanya kok kurang etis ketika tahun sudah berganti.

Sebenernya apa sih copyright itu? sahabatinet.com akan menjelaskan sedikit mengenai copyright yang terpasang dibagian footer disetiap blog atau website. Banyak yang tidak tau mengenai arti dari copyright yang berada di footer tersebut, sebenarnya copyright adalah sebuah hak cipta atau pemegang hak cipta suatu produk atau jasa yang dimiliki oleh suatu lembaga atau perorangan yang memiliki hak terhadap karya yang telah dibuatnya.

Copyright biasanya dilambangkan dengan sebuah lingkaran yang didalamnya ada huruf " C " tujuan dari copyright adalah menandakan bahwa kita memiliki hak cipta terhadap konten yang sudah kita buat di sebuah blog atau pemilik karya. Jadi andalah yang memiliki hak sepenuhnya terhadap karya anda sendiri tanpa mengambil karya orang lain.
Didalam blog kita memiliki hak atas setiap tulisan yang kita publikasikan di dalam blog kita, maka dari itu kita memiliki hak cipta terhadap tulisan kita tanpa mengambil tulisan orang lain. Search Engine seperti google sudah mampu mendeteksi apabila seseorang mengambil karya tulis orang lain tanpa memodifikasinya. 

Bagi seseorang yang melakukan copas karya tulis orang lain akan ketahuan oleh google, maka dari itu seorang blogger dituntut untuk bisa melahirkan karya tulis sendiri tanpa copas milik orang lain. Kegiatan mengcopas karya orang lain sangat dibenci oleh google apabila seseorang ketahuan mengcopas karya tulis orang lain maka google akan mengahapusnya dari daftar pencarian.

Jika kita ingin serius mendalami dan menulis blog haruslah karya tulis sendiri murni dan jangan sekali - kali mangambil karya orang lain. Biasakan banyak membaca supaya kita bisa mahir menulis artikel dengan baik, sebenernya tidaklah sulit menghasilkan karya tulis sendiri asalakan mau belajar dan terus belajar.

Bagi yang memiliki blog dan copyright tidak bisa berganti secara otomatis jika tahun berganti silahkan ikuti tutorial berikut : 


  • Log in ke dasboard blog anda.
  • Pilih Template dan Klik Edit HTML
Cara Edit Copyright
  • Setelah terbuka jendela edit html silahkan cari dibagian footer yaitu Copyright atau tekan CTRL+F dan masukkan Copyright enter maka kita akan diarahkan ke bagian Tag copyright.
  • Langkah berikutnya silahkan ganti Tag copyright lama dengan Tag copyright dibawah ini :
          Contoh copyright lama


Copyright &#169; <span itemprop='copyrightYear'>2017</span> <span itemprop='copyrightHolder' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/Organization'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' expr:title='data:blog.title' itemprop='url'><span itemprop='name'><data:blog.title/></span></a></span>

          Dan ganti script diatas dengan kode dibawah ini :


Copyright &#169; <script type='text/javascript'>var creditsyear = new Date();document.write(creditsyear.getFullYear());</script> <a expr:href='data:blog.homepageUrl'><data:blog.title/></a>. All rights reserved.


  • Klik Simpan dan Cek perubahannya, jika berhasil maka copyright akan berubah mengikuti tahun berjalan.

Gimana sangat mudah kan cara mengganti copyright secara otomatis mengikuti tahun berjalan, jika sahabat inet masih bingung silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.


Post a Comment for "Cara Membuat Copy Right Otomatis Ketika Ganti Tahun"