Cara Menyalakan dan Mematikan Komputer atau Laptop Yang Benar

Sahabatinet.com- Kali ini saya ingin berbagi tips mengenai cara menyalakan dan mematikan komputer atau laptop dengan benar di windows 7, 8 dan 10. Komputer merupakan perangkat elektronik yang digunakan oleh manusia untuk membantu menyelesaikan pekerjaanya. Dengan adanya komputer maka segala kegiatan kita dapat dikerjakannya. Dengan semakin canggihnya komputer membuat kehidupan manusia ini tak bisa lepas yang namanya komputer. Hampir kita temui disemua sudut kehidupan pasti menggunakan teknologi komputer.

Komputer banyak membantu manusia berbagai hal diantaranya di bidang Geografi, Biologi, Fisika, Kedokteran, Bisnis, Pendidikan dan hampir semua bidang ilmu membutuhkan komputer untuk mempermudah menyelesaikan masalah. Komputer memiliki kemampuan yang sangat luar biasa karena dapat menyelesaikan masalah manusia dengan sangat cepat. Seperti contoh menyelesaikan kasus perhitungan matematika, dulu sebelum adanya teknologi komputer manusia dalam membuat perhitungan menggunakan manual seperti tulisan. 



Dengan adanya perkembangan komputer merambah ke kehidupan manusia maka untuk menyelesaikan perhitungan yang sangat rumit bisa dilakukan komputer hanya hitungan detik saja. Akan tetapi kita harus memasukkan rumus terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Komputer bekerja atas perintah manusia yang diinputkan kedalam program yang sudah ditentukan.

Nah karena komputer sama dengan perangkat elektronik lainnya seperti TV, Radio, Kulkas dll maka juga perlu perlakuan sebagaimana mestinya. Komputer juga bisa rusak kalau dalam penggunaanya tidak sesuai dengan prosedur standart yang sudah ditetapkannya. Komputer memiliki dua komponen penting yang saling berkaitan yaitu Software dan hardware.

Kerusakan komputer bisa terjadi diantara kedua perangkat tersebut, jika kita salah dalam merawat komputer maka bisa terjadi kerusakan software atau hardwarenya. Untuk komputer yang mengalami kerusakan software bisa disebabkan banyak faktor diantaranya virus, error, hardisk rusak, ram rusak dan sebagainya. Jika terjadi keruskan software cara penanganannya masih tergolong mudah karena kita masih bisa menangani sendiri dengan menginstal ulang softwarenya.


Bila keruskannya terjadi pada hardware maka kita harus mengganti komponennya yang mengalami kerusakan. Hardware komputer yang rentan rusak adalah Moause, Keyboard, hardisk dan PSU / power supplay. Dan yang paling sering mengalami keruskan biasanya mouse karena mouse sering banget kita gunakan untuk navigasi menjalankan komputer sehingga paling banyak bersentuhan dengan tangan kita.

Bagi anda yang baru mengenal komputer atau laptop supaya awet dan tidak mudah rusak anda harus bisa menggunakannya sesuai dengan prosedur standart yang sudah ditentukan. Dalam hal ini adalah cara menyalakan / menghidupkan dan mematikan komputer. Jangan meremehkan menghidupkan dan mematikan komputer karena jika anda tidak mematuhi prosedur maka komputer anda kan cepat rusak.

Langkah- langkah menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar :

A. Langkah Menyalakan Komputer atau Laptop Dengan Benar :

Manyalakan Komputer PC.

  1. Untuk menyalakan komputer PC pastikan semua kabel sudah tersambung dengan sumber listrik dengan CPU, Monitor.
  2. Gunakan Stabilizer untuk mengatur lonjakan listrik dirumah anda supaya komputer aman.
  3. Hidupkan dahulu monitor anda dengan menekan tombol power.
  4. Hidupkan CPU dengan menekan tombol power CPU yang ada di cassing depan.
  5. Tunggu sampai proses booting windows selesai dan sampai muncul menu start dan layar utama windows.
  6. Jika sudah selsai maka komputer siap digunakan untuk bekerja.

Cara menyalakan Laptop :

  1. Untuk menyalakan laptop sangat mudah berbeda dengan PC karena laptop memakai battrey seperti hp.
  2. Tekan tombol power dan tunggu proses booting windows sampai dengan selesai.
  3. Setelah selesai dan muncul start windows atau menu aplikasi maka laptop siap digunakannya.
Untuk proses menyalakan komputer atau laptop ini menurut saya tidak ada masalah yang bisa menyebabkan komputer rusak. Yang bisa menyebabkan komputer rusak pada saat menghidupkan adalah hanya pada sumber listrik saja. Kalau listriknya sudah stabil insallah komputer akan aman. Sedangkan yang rawan kerusakan itu adalah pada saat proses mematikan komputernya. Banyak orang terkadang menyepelekan shutdown komputer dengan seenaknya tanpa mengikuti prosedur yang benar.


Mematikan komputer dengan cara yang tidak benar dapat merusak sistem yang ada didalamnya, komponen hardware yang bisa rusak pertama adalah hardisk. Data data sistem dalam hardisk bisa mengalami kerusakan karena prosedur mematikan yang salah. Contoh saja kita mematikan komputer dengan mencabut kabel power maka secara langsung komputer akan mati, nah cara itu tidak dianjurkan pasti akan merusak program komputer. Atau dengan cara lain yaitu menekan tombol power dan menahannya secara terus menerus juga tidak dianjurkan.

Supaya komputer atau laptop anda awet dan tidak gampang rusak maka selalu ikuti prosedur penggunaan yang sudah dianjurkan oleh perusahaan yang memproduksi komputer tersebut. Pada dasarnya semua jenis dan type komputer memiliki prosedur penggunaan standart yang sama jadi anda tidak usah bingung karena caranya sama semua.


B. Langkah Mematikan Komputer atau Laptop Dengan Benar :

Untuk mematikan komputer dan laptop prosedurnya sama dari pengguna windows 7, windows 8 maupun windows 10 terbaru. Berikut cara mematikan atau shurdown komputer dengan benar :

Bagi pengguna windows old seperti Windows XP, Windows Vista dan Windows 7

  1. Tutup terlebih dahulu semua program yang terbuka.
  2. Klik Menu “Start” yang berada di pojok kiri bawah
  3. Pilih “Shutdown”
  4. Klik “OK”
  5. Tunggu Hingga Komputer sudah mati dan tidak ada lagi bunyi kipas atau lampu indikator power menyala.
  6. Kemudian Matikan stabilizer dan cabut kabel listriknya.

Mematikan komputer pada windows 8 dan windows 10.

  1. Tutup atau close semua aplikasi atau program yang terbuka
  2. Arahkan anak panah Mouse Ke Pojok kiri Bawah
  3. Pilih lambang windows dan klik
  4. Klik Power & Pilih Shutdown
  5. Tunggu Hingga proses shutdown selesai dengan tidak ada bunyi apapun dari komputer
  6. Kemudian Matikan stabilizer & cabut kabel listriknya.
Untuk mematikan laptop prosesnya juga sama dengan proses mematikan komputer sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan apapun. 

Begitulah cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan prosedur yang benar supaya komputer anda awet dan tidak muda rusak. Supaya komputer kesayangan anda dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama selalu ikuti prosedur yang sudah ditetapkan, jangan sampai mematikan komputer diluar prosedur yang dianjurkan kecuali terjadi hank atau komputer tidak bisa dimatikan secara normal.

Semoga artikel cara menyalakan dan mamatikan komputer ini bermanfaat untuk anda sebagai tambahan ilmu yang bisa anda terapkan dalam kehidupan anda sehari hari.



0 Response to "Cara Menyalakan dan Mematikan Komputer atau Laptop Yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel