Cara Mudah Mengenali Tanda - Tanda Komputer Rusak dan Cara Mengatasinya

Sahabatinet.comCara Mudah Mengenali Tanda - Tanda Komputer Rusak dan Cara Mengatasinya, Komputer atau laptop merupakan alat penunjang pekerjaan kita sehari - hari yang tentunya bisa rusak kapan saja yang tidak dapat kita prediksi kapan hal itu terjadi. Kita sebagai pengguna harus bisa merawatnya dengan baik supaya komputer kita bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak. Pada perkembangan teknologi saat ini komputer merupakan alat yang sangat penting untuk menunjang kegiatan kita sehari - hari terutama dalam hal kerja.

Hampir semua pekerjaan pasti membutuhkan komputer sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan. Komputer digunakan untuk mengolah dan menyimpan data pekerjaan kita sehingga perlu perlakuaan khusus supaya tetap awet dan bisa bertahan lama. Penggunaan komputer yang tidak pada aturan standart bisa menyebabkan komputer rusak. Jika didalam komputer tersebut tersimpan file - file dokumen penting maka jika terjadi keruskan maka kemungkinan akan hilang.

cara mengenali ciri - ciri komputer rusak


Anda sebagai pengguna komputer tentunya harus bisa memperlakukan komputer atau laptop anda dengan baik. Lakukan perawatan komputer sesuai dengan prosedur standart atau jangan gunakan komputer yang tidak sesuai dengan penggunaan standart. Jika sudah terlanjur terjadi kerusakan maka Untuk mengetahui kesehatan atau kerusakan komputer anda sebelum membawanya ke tukang service alangkah baiknya dicek terlebih dahulu masalahnya.

Baca Juga : Cara Menyalakan dan Mematikan Komputer atau Laptop Yang Benar

Ciri - ciri Komputer Rusak


Didalam komputer memiliki 2 perangkat yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software. Kedua bagian tersebut saling keterkaitan karena komputer tanpa software tidak ada gunanya dan tidak bisa dijalankan. Hardware berfungsi untuk mendukung software berjalan sesuai dengan kehendak pengguna dan software berfungsi sebagai pengolah data yang diinput oleh pengguna. Mari kita kenali terlebih dahulu kerusakan komputer antara hardware dan softwarenya.

A. Mati Total.


Kerusakan komputer yang pertama mati total yang sudah banyak terjadi pada pengguna komputer. Komputer mati total ini bisa disebabkan berbagai faktor, untuk memastikannya yaitu kita harus mengeceknya muali dari kabel - kabel penghubung ke sumber listrik. Jika kabel penghubung sudah dipastikan tidak ada masalah maka selanjutnya cek pada bagian PSU / Power Supplay.

Power supplay adalah bagian hardware komputer yang berfungsi mengatur kelistrikan atau menyupllay listrik ke perangkat komputer. Power supplay bisa rusak dengan seiringnya waktu karena termakan oleh usia atau akibat naik turunya voltase listrik yang tidak stabil. Maka dari itu jika listrik anda dirumah tidak stabil anda harus memasang stabilizer untuk komputer anda. Tujuan pemasangan stabilizer ini untuk mencegah lonjakan listrik tiba - tiba yang bisa merusak hardware komputer.

Jika setelah dicek kerusakan terjadi pada power supplay maka segera ganti dengan type yang sama. Untuk memasang PSU ke komputer sangatlah mudah karena hanya menyambungkan socket - socketnya saja sesuai dengan tempatnya masing - masing. Setelah terpasang semua silahkan nyalakan komputer anda maka akan bisa nyala seperti biasanya.

Baca Juga : Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

B. CPU Nyala Tapi Tidak Tampil Ke Monitor.


Untuk masalah CPU nyala tapi monitor tidak menyala ini bisa disebabkan beberapa faktor diantaranya kabel VGA monitor yang tidak terpasang dengan benar saya sering alami hal ini. Solusinya coba anda pastikan kabel monitor sudah terpasang dengan benar, biasanya ada dua buah scrup yang digunakan sebagai pengunci, silahkan kencangkan scrup tersebut.

Jika anda sudah memastikan kabel terpasang dengan benar namun monitor tetap tidak mau menyala coba anda ganti dengan kabel VGA komputer lain kalau berhasil berarti kabelnya yang rusak. Selain masalah kabel VGA monitor komputer tidak mau menyala juga bisa disebabkan oleh VGA Card yang rusak, jika didalam pc anda memiliki dua VGA Card sperti VGA internal bawaan motherboard dan VGA External silahkan pindahkan kabel VGA ke VGA satunya.

Komputer saya sering mengalami hal ini dan setelah saya pindahkan ke VGA satunya bisa menyala monitornya dan tampil seperti biasa. Kenapa bisa terjadi seperti itu karena bisa jadi salah satu VGA mengalami error sehingga tidak bisa memproses jalur display. Untuk mengatasinya coba anda update driver VGA anda dengan versi yang terbaru.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Menyala Dengan Benar

C. Komputer Hang dan Sering Restat Sendiri.


Tanda tanda komputer rusak yang ketiga adalah komputer sering hang dan restat sendiri. Jika komputer anda mengalami hal tersebut anda bisa mengeceknya apakah RAM terpasang dengan baik atau tidak. RAM sangat mempengaruhi terhadap kinerja komputer karena digunakan untuk menyimpan data aplikasi sementara saat aplikasi terbuka. Coba cek RAM dengan melepasnya dari socket RAM kemudian bersihkan dengan penghapus pensil dibagian logam kuningnya.

Setelah dianggap bersih pasang kembali RAM tersebut dan nyalakan komputer kembali, jika anda membersihkan RAM namun komputer tetap restat sendiri kemungkinan adanya virus yang mengganggu silahkan scan all file dengan antivirus kesayangan anda. Hal ini dilakukan untuk menghapus virus yang masuk ke propgram komputer.

Baca Juga : Cara Mengatasi Komputer Lemot

D. Komputer Menjadi Lemot.


Komputer menjadi lemot adalah salah satu tanda - tanda bahwa komputer anda mengalami gangguan sehingga anda perlu mengeceknya. Cara cek yang  pertama yaitu anda buka tag manager dan amati aplikasi apa yang membuat komputer lemot. Cek penggunaan CPU, RAM dan Hardisk komputer jika anda menemukan penggunaan melebihi 90 % maka dipastikan ada aplikasi yang tidak beres. Penggunaan CPU, RAM dan hardisk yang menyentuh angka 90% keatas kan membuat komputer melambat karena komputer kehabisan space untuk menjalankan program.

Jika anda menemukan aplikasi yang banyak memakan CPU, RAM atau Hardisk maka optimalkan aplikasi tersebut dengan cara uninstal atau instal ulang. Apabila anda setelah mengeceknya ternyata RAM anda yang habis atau terpakai 90% maka anda perlu upgrade ram anda supaya dapat menampung kinerja aplikasi tersebut.

Cara yang kedua yaitu cek kesehatan hardisk anda, saya sendiri pernah mengalami sendiri komputer saya kinerjanya lemot sekali padahal di tag manager gak ada yang mencurigakan. Untuk mengecek kesehatan hardisk anda perlu menggunakan aplikasi khusus yaitu HDD Sentinel. Silahkan download dan isntal HDD Sentinel dan jalankan aplikasinya maka akan ada informasi mengenai kesehatan hardisk. Jika terbukti bener kesehatan hardisk dibawah 80% maka anda harus segera menggantinya.

Baca Juga : Cara Mudah Cek Kondisi Hardisk dengan Software HDD Sentinel Pro

E. Sering Terjadi Blue Screen.


Sering terjadi blue screen ini disebabkan adanya program yang mengalami crash atau error yang mengganggu kinerja komputer. Saya pernah mangalami hal ini disebabkan oleh aplikasi antivirus yang bentrok dengan antivirus lainnya. Jadi anda harus memastikan apakah anti virus yang anda pasang bisa disandingkan dengan antivirus lainnya apa tidak. Coba anda unsinstal aja antivirus tersebut jika masalah tidak teratasi maka coba anda scan all virus bisa jadi ada virus yang menginveksi komputer anda.

Blue screen juga bisa disebabkan oleh RAM yang tidak terpasang dengan benar silahkan anda priksa RAM anda mungkin ada debu atau yang lainnya. Jika sudah melakukan tips diatas tapi tetap terjadi blue screen silahkan repair windows atau sistem operasi komputer anda supaya program yang error bisa normal kembali.

F. Gagal Booting.


Gagal booting bisa disebabkan karena OS komputer anda mengalami keruskan jika hal ini terjadi terus menerus maka solusinya anda harus instal ulang atau repair OS anda. Dengan melakukan repair maka sistem yang mangalami keruskan akan dikembalikan dengan file baru sehingga komputer akan menjadi fresh kembali.

Gagal booting ini juga bisa disebabkan RAM yang tidak terpasang dengan benar sehingga komputer tidak bisa membuka Operating system dengan benar. Jadi sebelum melakukan repair atau instal ulang silahkan anda cek terlebih dahulu RAM anda.

Baca Juga : Cara Mengurangi Radiasi Dari Cahaya Layar Komputer atau Laptop

Demikianlah tanda - tanda bahwa komputer anda mengalami keruskan, silahkan anda coba perbaiki sendiri dengan mengikuti tips tips diatas. Jika anda sudah mengikuti tips diatas namun masalah anda belum terselesaikan maka langkah terakhir yaitu membawa ke tukang service komputer.

0 Response to "Cara Mudah Mengenali Tanda - Tanda Komputer Rusak dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel