Begini Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Menyala Dengan Benar

Sahabatinet.com - Cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala walaupun sudah ditekan tombol power berkali - kali. Jika laptop kesayangan anda ngambek tidak mau hidup anda jangan panik karena kadang kala laptop nyalanya lama dan jangan menekan tombol power berkali - kali.

Jika dirasa sudah menunggu beberapa menit tapi laptop tidak mau menyala silahkan anda coba untuk menekan tombol power agak sedikit lama sekitar 30 detik dan lepas. Kalau laptop tidak ada error atau masalah lain pasti akan menyala seperti biasanya.

Walaupun anda sudah menekan tombol power dan menunggu lebih adari 2 - 4 menit tetapi layar monitor tetap saja masih hitam alias tidak mau menampilkan apa - apa maka anda perlu memeriksa dan menganalisa penyebabnya.

Laptop adalah benda elektronik anda harus merawatnya dengan baik supaya usia pakainya bisa lebih lama. Gunakan laptop sewajarnya jangan berlebihan soalnya pemakaian yang tidak wajar dapat merusak perangkat didalamnya.
Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Menyala Dengan Benar

Jika anda sudah melakukan cara - cara diatas tetapi laptop anda tidak mau menyala juga anda harus mencoba memperbaiki sendiri. Sebelum anda membongkar untuk memperbaikinya atau membawa ke tukang service atau membeli laptop yang baru, sebaiknya anda bisa lakukan terlebih dahulu cara - cara mengatasi laptop tidak bisa dinyalakan ini.

Siapa tau masih bisa dihidupkan dengan langkah - langkah sederhana yang bisa anda coba sendiri, intinya anda harus berani mencobanya dan jangan takut rusak kan laptopnya sudah rusak jadi bisa dibuat percobaan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Komputer Lemot

Berikut cara mengatasi laptop tidak mau hidup atau menyala :


Kondisi laptop tidak bisa menyala pada umumnya ada dua.


  1. Laptop benar - benar mati total yaitu tidak ada tanda - tanda kehidupan, lampu indikator mati semua, tidak ada suara kipas atau fan prosesor, bahkan suhu body laptop tetap dingin dan tidak ada getaran apapun.
  2. Laptop ada tanda - tanda kehidupan seperti lampu indikator menyala, ada suara fan prosesor berhembus, suhu laptop hangat, tetapi layar monitor tidak mau menyala alias tetap hitam.
Dari kedua masalah diatas diperlukan penanganan yang berbeda karena tingkat kerusakannya juga berbeda jadi anda perlu menganalisa dari dasar terlebih dahulu.


Coba anda lakukan pemeriksaan dari mulai :


1. Periksa baterai dan charger/adaptor

Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Menyala

Jika laptop anda mati total maka anda harus pertama yang anda cek adalah kabel dan adaptor charger laptop. Coba gunakan alat multitester untuk memeriksa apakah adaptor charger laptop masih ada aliran listriknya.

Periksa out put atau tegangan keluaran dari charger laptop anda, out put standart charger laptop adalah 19,5 Volt, jika ternyata setelah dites tegangan dibawah angka 19,5 volt maka bisa dipastikan charger laptop anda rusak dan perlu beli yang baru.

Untuk memastikan out put charger laptop anda bisa juga cek di deskripsi atau keterangan tertulis di charger itu sendiri.  Biasanya dari pihak produsen sudah menyediakan informasi yang jelas mengenai kinerja charger itu.

Jika charger sudah diperiksa dan normal tetapi laptop tidak bisa menyala coba anda periksa batterynya apakah masih bagus atau sudah rusak, karena battry rusak juga bisa mengganggu lewatnya arus listrik. Coba anda lepas dan pasang charger laptop jika lampu indikator power di laptop menyala berarti arus listrik masuk ke laptop.

Tetapi jika anda sudah menyolokkan langsung dari charger laptop tetap tidak mau menyala maka dipastikan masalahnya bukan pada charger atau battery laptopnya anda perlu memeriksa lebih lanjut. atau membawa ke tukang service.

Baca Juga : Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

2. Lakukan power reset


Untuk cara kedua ini bisa anda lakukan jika masalahnya laptop menyala tetapi monitor atau layar tidak mau menyala. Resey power sendiri gunanya untuk memutuskan semua aliran listrik yang ada didalam laptop yang kemungkinan menyebabkan error pada hardware laptop.

Langkah - langkah melakukan power reset sebagai berikut:


  • Putuskan laptop anda dari semua sumber listrik : copot charger dan batterynya dari laptop.
  • Dalam keadaan sudah terlepas battrynya, silahkan anda tekan tombol power selama 30 detik. Ini tujuannya agar listrik dalam laptop benar-benar hilang.
  • Lalu pasang lembali baterai dan colokan charger. 
  • Kemudian nyalakan laptop seperti biasa.
  • Jika laptop menyala berarti masalah anda selesai.



3. Memeriksa RAM, Battery Bios dan Hardisk Laptop

Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Menyala

Jika anda sudah melakukan cara - cara diatas dengan benar tetapi tidak bisa mengatasi masalah yang anda alami dan lakukan langkah terakhir yaitu dengan memeriksa hardware laptop dengan membongkarnya.

Anda tidak usah takut membongkar laptop, jangan takut salah karena komponen laptop semuanya dalam bentuk blok - blokan jadi anda tidak akan keliru dalam memasang kembali, anda hanya mengikuti socket - socketnya yang sesuai dan tidak akan tertukar dengan socket yang lain.

Hardware pertama yang harus anda perksa adalah RAM, Bersihkan terlebih dahulu socket RAM anda dari debu dan kotoran lainnya dengan menggunakan kuas dan gunakan stip atau penghapus pensil untuk membersihkan socket atau jalur pcb yang warna kuning dari debu.

Hardware kedua yang perlu anda cek adalah Battery Bios, Jika anda membuka komputer atau laptop pasti anda akan melihat battery sebesar uang koin 500 rupiah, itu adalah battery bios, coba anda cek apakah batterynya masih normal atau sudah mati, jika mati silahkan ganti dengan yang baru.

Hardware ketiga yang perlu anda cek adalah Hardisk Laptop anda, Yah hardisk adalah komponen paling penting didalam komputer karena berfungsi menyimpan seluruh data software laptop atau komputer anda. Jika hardisk anda rusak maka komputer anda tidak akan bisa booting atau menyala hanya bisa menampilkan Bios saja.

Bagaimana cara mengetahui jika hardisk itu rusak atau sudah menurun kemampuannya? Silahkan anda baca : Cara Mudah Cek Kondisi Hardisk dengan Software HDD Sentinel Pro


4. Memeriksa Kabel atau Socket Layar Monitor

Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Menyala

Jika anda sudah memeriksa semua hardware laptop anda dan sudah anda pastikan tidak ada cacat atau terbakar langkah selanjutnya yaitu periksa jalur kabel yang menghubungkan LCD layar laptop anda.

Coba anda kencangkan setiap socketnya dan pastikan tidak ada yang kendor, soalnya saya pernah mengalami laptop tidak mau hidup akibat dari jalur kabel atau socket lcd yang kurang kenceng atau kurang pas.

Untuk mengetahui apakah layar laptop masih normal atau gak anda bisa menggunakan layar monitor external yang bisa anda pasang di laptop anda. Setiap laptop tentunya disediakan colokan untuk external monitor bisa berupa jalur HDMI atau VGA.

Jika setelah dipasang monitor menyala berarti kerusakannya ada pada LCD anda dan harus diganti kalau anda menginginkan laptop anda bisa digunakan lagi. Jika setelah anda pasang monitor external tetapi tidak bisa menyala bisa dipastikan VGA Card anda yang rusak atau bermasalah.


Setelah semua hardware diatas sudah diperiksa seharusnya masalah laptop anda akan terselesaikan dan bisa dinyalakan kembali. Namu laptop kesayangan anda masih ngambek tidak mau menyala maka langkah terakhir anda harus membawanya ke dokter laptop alias tukang service laptop terpercaya.

Jika masih dalam masa garansi anda jangan sekali - kali bongkar laptop anda sendiri lebih baik bawa langsung ke service center resmi laptop tersebut supaya kalau ada kerusakan diganti secara gratis.

Semoga tips diatas bisa membantu anda dalam mengatasi masalah laptop yang tidak mau menyala atau hidup. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "Begini Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Menyala Dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel