Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setting Keamanan Autentikasi Dua-Faktor di Facebook

Sahabatinet.com - Cara mengamankan akun facebook dengan verifikasi dua langkah, Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara setting keamanan Autentikasi Dua-Faktor di Facebook, setting tambahan keamanan ini sangat diperlukan untuk menghindari pembobolan akun facebook kita dari pihak-pihak yang tidak kita inginkan.

Facebook saat ini sudah mengupgrade sistem keamanan dan perlindungan data para penggunya, hal itu dilakukan facebook untuk menjaga kerahasiaan data pengguna dari serangan kejahatan dunia maya.
Cara mengamankan akun facebook dengan verifikasi dua langkah

Dan untuk keamanan facebook saat ini sangat bagus bila dibandingkan awal munculnya facebook, karena saat ini sudah menggunakan keamanan extra dengan menerapkan Autentikasi Dua-Faktor dimana jenis keamanan ini sangat efektif dan handal dalam menjaga keamanan akun pengguna.

Autentikasi Dua-Faktor sebelumnya sudah dipakai oleh lembaga keuangan dan Militer akan tetapi sekarang keamanan jenis ini sudah diterapkan disebuah web atau aplikasi yang memiliki banyak pengguna atau member.

Langsung saja ke tahap cara setting Autentikasi Dua-Faktor di Facebook berikut langkah-langkahnya :


Sobat log in terlebih dahulu ke akun facebook sobat dan masuk ke bagian setting atau pengaturan akun dan masuk di bagian Keamanan dan Info Login >> Autentikasi Dua-Faktor  dan Klik AKTIFKAN.

Dibagian ini ada beberapa settingan yang harus sobat setting untuk mengaktifkan Autentikasi Dua-Faktor

Pertama dibagian Kemanan yang ditambahkan yaitu :

  1. SMS, dibagian ini sobat tambahkan nomer telepon yang nantinya akan dipakai untuk penerima sms dari facebook yang berisi kode PIN yang bisa dipakai untuk log in ke akun facebook sobat.
  2. Aplikasi Autentikasi, Nah untuk yang satu ini sobat diwajibkan untuk download sebuah aplikasi Android seperti Google AUTENTICATOR yaitu besutan google yang akan menggenerate kode yang sobat butuhkan untuk log in ke akun facebook sobat. Cara settingnya sobat bisa Baca Juga " Langkah-langkah Setting Google AUTENTICATOR ". atau sobat juga bisa pakai aplikasi autentikasi produk lain tapi saya sarankan pakai Google AUTENTICATOR.
  3. Kode Pemulihan, untuk bagian kode pemulihan ini sobat harus menyimpannya disebuah kertas atau bisa sobat simpan di cloud untuk menjaga apabila sobat kehilangan HP yang menyebabkan tidak bisa log in ke akun facebook, sobat bisa log in menggunakan kode pemulihan yang sudah disimpan tadi. Gimana semakin aman kan akun facebook sobat.

Tambahkan Cadangan. 

  1. Kunci Kemanan, untuk bagian ini sobat bisa menambahkan kunci keamanan Universal 2nd Factor (U2F), seperti ala film Holywood yang menggunakan sebuah flashdisk gitu, jadi cara log innya sobat bisa colokkan flashdisk yang sudah dijadikan sebagai kunci keaman akun facebook sobat. tetapi menurut saya pakai level ini sudah sangat berlebihan soalnya sudah level keamanan tingkat tinggi.
Cara cara diatas bisa diterapkan ke akun facebook sobat yang akan menambah keamanan dengan level tinggi, sehingga bisa meminimalisir hacker untuk mengambil alih akun facebook kita.

Begitulah tips yang bisa saya bagikan apabila tips ini bermanfaat buat sobat silahkan share keteman atau saudara supaya bermanfaat untuk orang banyak.

Post a Comment for "Cara Setting Keamanan Autentikasi Dua-Faktor di Facebook"