Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengirim File Dari HP ke Komputer Tanpa Kabel

Sahabatinet.com - Cara mengirim file dari hp ke komputer tanpa menggunakan kabel usb, Kali ini saya akan membagikan tips mengenai cara memindahkan file dari hp ke komputer dengan mudah tanpa harus mencolokkan usb. Kecanggihan peralatan telekomunikasi membuat orang berlomba - lomba menciptakan teknologi baru untuk mempermudah pekerjaan manusia.

cara transfer file ke komputer tanpa kabel
Banyak fitur yang ditanamkan didalam smartphone yang bisa kita optimalkan penggunaanya supaya dapat memperlancar aktivitas kita sehari - hari. sahabatinet.com, Banyaknya fitur yang dimiliki hp jaman sekarang membuat hp itu bisa menggantikan komputer kita dalam hal mobilitas tinggi, karena hp sekarang sudah bisa digunakan browsing kirim dan terima email.

Pernahkah sobat mengalami ketika mau transfer file dari hp ke komputer dan biasanya transfer file menggunakan kabel usb tetapi pada waktu itu sedang gak bawa kabel usb. Sobat tidak usah bingung karena hp android yang sobat pakai saat ini sudah mampu mengirim file tanpa kabel yaitu menggunakan jaringan wifi.

Berikut cara mengirim file menggunakan jaringan wifi :


1. Menggunakan Aplikasi Shareit


Saya sangat merekomendasikan aplikasi shareit ini wajib dipasang di hp sobat, aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dalam hal transfer file dibandingkan aplikasi yang sama. Aplikasi shareit bekerja pada jaringan wifi dan memiliki kecepatan transfer file yang sangat cepat dibandingkan mengirim biasa.

Jadi jika sobat ingin berbagi file antara hp dengan hp atau hp dengan komputer maka aplikasi shareit sangat rekomen sekali. Untuk dapat bebagi file dengan komputer maka sobat perlu menginstal juga shareit versi komputer yang sudah tersedia.

Berikut cara transfer file antara komputer dengan hp menggunakan shareit :


  • Instal terlebih dahulu shareit versi komputer di situs resminya https://www.ushareit.com/en/index.html
  • Buka shareit dan hubungkan dengan shareit yang ada di hp sobat. 

  • Perlu diketahui bahwa shareit bekerja pada jaringan wifi jadi kedua device harus memiliki wifi supaya bisa terhubung.
  • Langkah selanjutnya jika sudah terhubung dengan perangkat tujuan silahkan pindahkan file yang diinginkan.


2. Menggunakan File Manager


Disetiap hp smartphone apasti sudah menyediakan file manager yang berguna untuk mengatur semua file yang ada di hp kita. Tanpa kita sadari file manager ini ternyata memiliki banyak fungsi selain mengelola file foto dan video ternyata file manager bisa kita gunakan untuk bertukar file dengan komputer tanpa harus menggunakan kabel usb.

Cara ini sering saya lakukan dikantor karena mudah dan praktis menurut saya, kita tidak perlu harus mengirim atau menerima file, karena cara kerjanya file manager ini sperti network sharing. Cara menggunakannya cuku mudah kita hanya perlu terkoneksi dengan wifi yang sama antara komputer dengan HP.

Berikut Cara Menggunakan File Manager Untuk Berbagi File dengan Komputer :


  • Siapkan koneksi wifi yang sama.
  • Koneksikan komputer dan HP dengan wifi yang sama.
  • Buka dikomputer My Document dan pilih Network
  • Buka File Manager di HP dan cari menu Hubungkan Ke Komputer.
  • Jika sudah ketemu silahkan klik Mulai maka akan ditampilkan alamat FTP.
  • Langkah selanjutnya pada NETWORK masukkan alamat Ftp yang tampil di layar HP seperti contoh : ftp://192.168.43.195:2121 tekan Enter
  • Maka akan muncul seluruh data yang ada di HP ke Komputer.
  • Silahkan berkreasi sendiri sesuai selera masing - masing


Begitulah cara mudah mengirim file dari hp ke komputer tanpa harus menggunakan kabel USB, bertukar file hanya memanfaatkan jaringan wifi yang ada. Gimana sobat mudah bukan?silahkan dipraktekkan di komputer masing - masing supaya mengetahui kelemahan dan kelebihannya.


Post a Comment for "Cara Mengirim File Dari HP ke Komputer Tanpa Kabel"