Cara Mengatasi Battery Laptop Yang Error Plug in Not Charging
Cara Mengatasi Battery Laptop Yang Error Plug in Not Charging

Cara Mengatasi Battery Laptop Yang Error Plug in Not Charging

Sahabatinet.comCara Mengatasi Battery Laptop Yang Error Plug in Not Charging, Laptop saat ini bukanlah barang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan orang kaya atau orang berbisnis. Sperti halnya HP yang dulu hanya dimiliki oleh kalangan orang kaya.

Kini semua kalangan bisa memiliki laptop yang mereka inginkan dan laptop memiliki banyak variasi sesuai dengan kebutuhan. Laptop memiliki banyak fungsi tidak hanya sebagai untuk mengetik atau browsing saja.

Banyak banget kegunaan laptop yang bisa menunjang kegiatan kita sehari - hari terutama anak kuliahan atau pembisnis online. Anak kuliahan biasanya dipakai untuk mengerjakan tugas - tugas kampus atau membuat skripsi.
Cara Mengatasi Battery Laptop Yang Error Plug in Not Charging

Sedangkan untuk orang yang melakukan bisnis online laptop sangat penting untuk memperlancar jualan secara online, mulai dari edit gambar, uploud gambar, serta rekap data penjualan. Dengan adanya laptop laporan usaha anda akan tersusun secara rapi dalam laptop.

Yang namanya benda elektronik pasti suatu saat akan mengalami masalah jadi anda harus merawatnya dengan baik supaya tahan lama. Apalagi didalam laptop memuat data - data penting maka anda harus menjaganya dan menggunakan secara hati - hati, mulai dari cara menyimpannya.


Biasanya masalah yang sering terjadi pada laptop adalah battray laptop yang cepet rusak atau laptop tidak bisa dicharger dan mengeluarkan peringatan error plug in charging yang menandakan bahwa laptop tidak bisa di cas.

Jika anda mengalami maalah laptop tidak bisa di cas maka anda harus mengecek apa penyebabnya, jika anda tidak berani menangani sendiri anda bisa membawanya ke tukang service untuk penanganan lebih lanjut.

Tetapi jika anda ingin memperbaiki sendiri alangkah baiknya anda mencari tau terlebih tutorial memperbaiki laptop tidak bisa di cas di internet, karena disitu sudah banyak dibahas dari orang - orang yang sudah pernah mengalami masalah tersebut.


Penyebab baterai laptop error plug in not charging antara lain :

  • Mengecas laptop terlalu lama
  • Mengecas laptop sambil digunakan atau dinyalakan.
  • Mengecas laptop ditinggal tidur dimalam hari.
  • Mengecas laptop terlalu sering, sehari maksimal yang dianjurkan 3 kali cas
  • Usia battery yang sudah tua dan saatnya untuk mengganti dengan yang baru.

Karena laptop saat ini memiliki jenis battry yang berbeda terutama laptop yang seri terbaru yang tipis - tipis dia menggunakan battry tanam, maka cara mengatasinya juga berbeda perlakukannya. Yuk simak pada tutorial dibawah ini untuk mengatasinya.


A. Laptop Dengan Battery Tanam.


Berikut cara mengatasi Battery laptop yang error plug in not charging yang bisa anda coba untuk laptop battery tanam :

  1. Klik Start dan Buka My Dokumen atau Explorer.
  2. Arahkan kursor ke This PC / My Computer dan Klik Kanan pilih Properties
    Cara Mengatasi Battery Laptop Yang Error Plug in Not Charging
  3. Selanjutnya pilih Device Manager. maka akan ditampilkan jendela Device Manager.
    Cara Mengatasi Battery Laptop Yang Error Plug in Not Charging
  4. Pilih pada Batteries, maka akan terlihat dua plug in Battery silahkan anda klik Kanan dan Disable semuanya.
  5. Langkah selanjutnya gunakan laptop sampai dengan lampu indikator battery berkedip - kedip dan matikan laptop sampai sekitar 1 jam supaya mesin laptop menjadi dingin.
  6. Setelah 1 atau 2 jam nyalakan laptop kembali dan lakukan langkah 1 s.d 4 tetapi ini kebalikannya yaitu Enable pada kedua plug in tersebut.
  7. Silahkan di coba di charger jika berhasil maka error plug in not charger akan hilang dan indikator battry akan normal kembali.

B. Laptop Dengan Battery Lepas.


Berikut cara mengatasi battrey laptop yang error plug in not charging untuk battery lepas :

  1. Langkahnya sama dengan cara diatas yaitu dari cara nomer 1 s.d 4.
  2. Matikan Laptop dengan Shutdown.
  3. Cabut Battery laptop.
  4. Selanjutnya anda tekan tombol power kurang lebih 30 detik dengan keadaan laptop tanpa battery dan mati.
  5. Pasang kembali battery laptop.
  6. Hidupkan laptop dengan tekan tombol power.
  7. Setelah menyala silahkan lakukan langkah seperti tutorial A pada poin 4 yaitu Enable pada kedua plug in batteries.
  8. Selesai maka battery laptop anda akan normal kembali seperti sedia kala.


Jika kedua cara diatas sudah anda lakukan dengan benar tetapi battry laptop tetap error plug in not charging maka anda harus meyiapkan dana untuk membawanya ke tukang service supaya di cek lebih lanjut apa yang menjadi penyebabnya. 

Jika ternyata penyebabnya adalah battery laptop anda yang rusak maka silahkan ganti dengan battery laptop yang baru. Untuk harga battery laptop berkisaran antara 350 ribu sampai dengan 750 ribu tergantung anda mau ganti yang original apa yang KW.

Saran saya gunakan battery yang original supaya awet dan tidak membuat laptop cepat rusak pada komponen lain. Ingat data - data di laptop sangat penting jangan sampai anda kehilangan data yang sangat penting hanya karena laptop rusak.

Baca juga Artikel Lainnya :

Your Reactions:


Jika dirasa artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi terhadap kesulitan anda, silahkan dibagikan kepada temen - temen supaya dapat membantu orang lain juga. Jika anda ingin menjadikan refrensi di blog sobat jangan lupa sertakan link sumber www.sahabatinet.com untuk menghargai dari karya sahabat inet. Terima kasih

Buka Komentar
Tekan Enter Untuk Mencarinya